Jum'at, 22 Juni 2018

DPR Kecewa Ada Kasus Bunuh Diri di Lapas Kelas IIA Sidoarjo

Kamis, 22 Februari 2018 17:06:28 WIB
Reporter : M. Ismail
DPR Kecewa Ada Kasus Bunuh Diri di Lapas Kelas IIA Sidoarjo
Adies Kadir Anggota DPR-RI dari Golkar sidak di Lapas Delta Sidoarjo, Foto: Ismail

Sidoarjo (beritajatim.com) - Ketua rombongan Komisi III DPR-RI Adies Kadir merasa kecewa saat berkunjung ke Lapas Kelas llA Delta Sidoarjo.

Pasalnya DPR tidak diberitahu oleh pihak lapas soal aksi bunuh diri yang dilakukan oleh Siswandoko (38) salah satu warga binaan kasus Narkoba asal Wonoayu. .

Bahkan Adies Kadir tercengang dan kaget saat dikonfirmasi hasil kunjungannya sekeluar dari Lapas Delta tersebut. "Lho semalam ada Napi yang bunuh diri di lapas ini. Saya tidak diberitahu oleh Kalapas Delta saat datang berkunjung tadi," kata Adies, Kamis (22/2/2018).

Adies juga memastikan kebenaran pertanyaan para wartawan itu kepada pihak lapas. Kalapas Delta Sidoarjo Jumadi yang dipanggil juga menganggukkan kepala tanda benar adanya saat Adies tanya tahanan gantung diri. "Kenapa saya tidak diberi tahu," tukas politisi Senayan asal Golkar itu.

Adies juga mengaku keheranan lagi saat ditanya korban (Siswandoko red,) awal Pebruari lalu sempat mengunggah status di facebook milik akun pribadinya saat diduga masih menjadi tahanan di lapas. "Ini (warga binaan red,) tidak boleh sampai ada yang membawa ponsel atau barang terlarang lainnya," tegasnya menambahkan.

Status akun korban dengan nama sebutan JML itu menulis status, "Nyesel mentok kenal koen. Koen jahat koyok ngene aku iso luwe nemen teko koen prut. Wani mati tok aku prut. Ngeneiki mek nekat tok isine".

Pada akun FB milik pribadi pria ganteng itu juga mengunggah kata frustasi dan penyesalan. Seperti status kata yang diunggah, "Ya Allah mungkin ini memang takdirku. aku iklas mati di sini ihklas semua iki trjadi ke aku, mungkin ini sudah di takdirkan untuku. gk ada yg mw mengerti q. bahkan perduli pun satupun gak ada. ku kembalikan semua kepada allah swt, semoga ini gk kan pernah terjadi pd mrka.

Dari banyak status di akun facebook milik korban, banyak terdapat kalimat penyesalan, umpatan maupun dendam yang sepertinya diperuntukkan untuk seorang perempuan yang sempat dicintai kemudian pudar. 

Sesudah masuk melihat kondisi Lapas Delta Sidoarjo itu, Adies merasa prihatin dengan kondisi lapas yang sudah overload sampai tiga kali lipat. Keadaan ini akan dibawa ke Kemenkumham untuk mencarikan solusi maupun lainnya. 

Masih kata Adies Kadir, Lapas Delta Sidoarjo ini kondisinya overload sampai tiga kali lipat dari kapasitas yang ada. Ia menilai kondisi tersebut masih mendingan, daripada di lapas yang lainnya sampai ada yang melebihi kapasitas hingga 5 sampai 6 kali lipat. 

"Permasalahan yang kami temui di lapangan akan kami sampaikan ke Menkumham dan pihak terkait lainnya," janji Adies Kadir. (isa/ted)

Tag : bunuh diri

Komentar

?>