Sabtu, 18 Agustus 2018

Kerja ke Luar Negeri, TKI Sampang Modal Sandal Jepit

Minggu, 18 Februari 2018 20:39:43 WIB
Reporter : Zamachsari
Kerja ke Luar Negeri, TKI Sampang Modal Sandal Jepit
foto/ilustrasi

Sampang (beritajatim.com) - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ilegal asal Sampang, Madura, mayoritas menggunakan modus umroh sandal jepit agar bisa bekerja di Arab Saudi.

Kabid Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja Diskumnaker Sampang, Bisrul Hafi menjelaskan, modus TKI bermodal nekat umrah sandal jepit, supaya bisa berangkat ke Arab Saudi. Tapi ketika tiba di negara Arab, mereka (TKI,red) tidak kembali lagi sesuai batas waktu yang ditentukan.

"Umroh dikenal dengan sandal jepit. Artinya, ikut umrah hingga tiba ke Mekkah tidak kembali pulang ke Indonesia. Jadi, yang jelas mereka moyoritas ilegal," ungkapnya, Minggu (18/2/2018).

Bisrul juga mengaku, TKI Sampang yang merantau ke negeri jiran Malaysia, sebagai alasan agar bisa bekerja membuat paspor kunjungan keluarga.

"Visa yang dibuatnya adalah paspor kunjungan semua. Cara seperti itulah yang banyak dilakukan orang Sampang, hingga menjadi TKI ilegal," jelasnya.

Secara terpisah, TKI Sampang yang berada pada jalur resmi sebanyak 35 orang, dengan tujuan kerja Negara Malaysia, Arab Saudi, Jepang, China dan Taiwan.

"TKI legal sendiri mencapai 35 orang, dengan tujuan kerja ke Negara Malaysia, Arab Saudi dan ke salah satu Negara yang berada di Benua Asia," pungkasnya. [sar/suf]

Tag : tki

Komentar

?>