Senin, 23 Juli 2018

Banjir Landa Tiga Kecamatan di Selatan Sidoarjo

Sabtu, 17 Februari 2018 22:51:32 WIB
Reporter : M. Ismail
Banjir Landa Tiga Kecamatan di Selatan Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) - Hujan deras yang mengguyur Sidoarjo sejak beberapa hari terakhir, mengakibatkan kawasan selatan Sidoarjo dilanda banjir, tepatnya tiga kecamatan yakni Kecamatan Tanggulangin, Porong dan Jabon.

Banjir terjadi tidak hanya pada area pesawahan, melainkan pemukiman warga juga terkena banjir dengan ketinggian sekitar 30 sampai 50 centimeter.

Data wilayah yang terkena banjir, seperti di Kecamatan Jabon, yakni Desa Kupang, Desa Tambak Kalisogo, Desa Kedungrejo, Desa Semambung dan Desa Kedungpandan.

Untuk Kecamatan Porong, banjir melanda Desa Kedungsolo, Desa Candipari, Desa Pesawahan, Desa Lajuk, Desa Kesambi, Kelurahan Gedang, Kelurahan Porong, Desa Glagaharum, dan Desa Plumbon.

Sedangkan banjir yang melanda kawasan Kecamatan Tanggulangin yakni terjadi di Desa Kalitengah, Desa Gempolsari, Desa Kalidawir, Desa Banjar Panji, Desa Sentul dan Desa Penatarsewu.

Kepala Bidang Operasional Dinas PU Pengairan Sidoarjo, Agus Hidayat mengatakan dua unit mesin pompa air berkapasitas 300 liter/detik dioperasikan di Dusun Kedungkampil, Desa Kedungsolo dan di lingkungan Gempolsampurno, Kelurahan Porong. Mesin pompa dioperasikan untuk mengurangi debit volume air di sungai Ketapang.

"Untuk mengurangi banjir, pembuangan air dilakukan ke sungai kanal, langsung menuju laut menyusuri aliran Mindi, Glagaharum, Plumbon dan Permisan," katanya Sabtu (17/2/2018).

Lanjut Agus Hidayat, mesin pompa air di Ketapang juga dioperasionalkan. Namun sistem pembuangannya ke atas tanggul diarahkan ke saluran spillway yang berada di Desa Pejarakan Kec. Jabon.

Untuk persoalan banjir di Jabon, seperti di Desa Tambak Kalisogo, Kupang, Kedungrejo, Semambung dan Kedungpandan, ia katakan banjir itu kiriman dari sungai Kalimati berada di selatan desa tersebut. "Banjir di wilayah Jabon terus kami lakukan pengawasan," tukasnya.

Terpusah, Kapolsek Porong Kompol Adrial mengatakan, banjir terjadi di beberapa tempat. Selain Jalan Raya Porong, area persawahan juga pemukiman dilanda banjir.

Untuk pengaturan lalulintas, lalulintas dari selatan, Gempol Pasuruan menuju Surabaya melintasi Arteri Porong langsung atau bisa melintasi jalan Raya Protokol Porong. Namun sesampainya di pertigaan Porong atau V6 menuju kearah barat melintasi Jalan Bhayangkari Kelurahan Juwet Kenongo menuju Trafic Lihgt Arteri Porong dan seterusnya.

"Untuk mengarahkan pengemudi R4 serta R2, kita kerahkan 6 personil polisi pada titik-titik tertentu agar pengguna jalan tidak kesasar sekaligus mengurai kemacetan," jelas Adrial. (isa/kun)

Komentar

?>