Jum'at, 22 Juni 2018

Kepulangan Anggota Polda Jatim Setelah Misi PBB

Sabtu, 17 Februari 2018 12:35:24 WIB
Reporter : Nyuciek Asih
Kepulangan Anggota Polda Jatim Setelah Misi PBB

Surabaya (beritajatim.com)--Sebanyak enam anggota yang berdinas di jajaran Polda Jatim akhirnya berhasil menjalankan tugas menjadi pasukan perdamaian di bawah komando United Nation (UN/PBB) di Sudan.

Selama satu tahun, sejak 21 Januari 2017 – 29 Januari 2018 mereka bertugas di Sudan dan kembali dengan selamat ke Indonesia.

Tak gampang untuk lolos menjadi tim dengan misi perdamaian ini, butuh ketrampilan, selain menguasai bahasa asing, Inggris.

Polisi Indonesia yang tergabung pasukan PBB harus sehat lahir batin dan fisik dalam kondisi prima. Mengingat, cuaca di negara Sudan cukup ekstrim, bisa mencapai 50 derajat celcius dan 4 derajat celcius.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera saat memperkenalkan kepulangan enam anggota itu menjelaskan, mereka bertugas di daerah konflik, namun masih dalam tugas Kepolisian.

"Seperti tugas tugas Babinkamtibmas. Mereka masuk ke masyarakat, kemudian mereka bertugas di sana bersama pasukan dari dari United Nations," kata Kombes Barung-sapaan akrabnya.

Para anggota itu bertugas bersama dengan pasukan dari negara-negara lain, yang tergabung bersama pasukan perdamaian PBB. Mereka bergabung bersama untuk tujuan kemanusiaan di negara Sudan.

"Mereka ini mengikuti seleksi untuk sampai ke sana, seleksi bahasa Inggris, seleksi kesehatan, seleksi jasmani, dan psikologi," tambahnya.

Sementara itu, Iptu Slamet Subagyo dalam misi ini menjadi Komandan Regu 1 Bravo mengakui, ada banyak tantangan ketika bertugas di negara orang, salah satunya adalah cuaca.

"Cuaca sudah pasti, karena kita pernah mengalami tertinggi 50 derajat celcius, terus terendah 4 derajat celcius," cerita Subagyo.

Suasana berbeda dengan Indonesia yang beriklim tropis, salah satu cara untuk mengatasi iklim ekstrim tersebut adalah dengan rajin berolahraga, kapan pun dan di mana pun.

"Tentunya kami harus pandai-pandai, rajin olahraga, ada kesempatan kami selalu gunakan untuk olahraga," kata Iptu Slemet Subagyo.

Berikut 6 personil anggota yang berdinas di jajaran Kepolisian Jatim yang menjadi pasukan perdamaian dunia, antara lain Iptu Slamet Subagyo, merupakan Waka Subden B Pelopor Satbrimob Polda Jatim. Bripka Teguh Wahyu Sarjono, anggota Satlantas Polres Mojokerto. Bripka Yuda Julianto, Bintara SPN Polda Jatim. Brigadir Tri Pepri, Bintara Intel Polres Banyuwangi. Brigadir Firman Ringga, Bintara Unit Provos Detasemen Satbrimob Polda Jatim. Dan Brigadir Dimas Bagus, Bintara Intelkam Polda Jatim. [uci/air]

Tag : polri

Komentar

?>