Minggu, 21 Oktober 2018

Gandeng Wartawan, Polres Mojokerto Diklat Jurnalis Bagi Humas

Kamis, 15 Februari 2018 18:21:45 WIB
Reporter : Misti P.
Gandeng Wartawan, Polres Mojokerto Diklat Jurnalis Bagi Humas

Mojokerto (beritajatim.com) - Selama dua hari, anggota kepolsian di bagian humas baik yang ada di polsek maupun Polres Mojokerto mengikut diklat jurnalistik di ruang command center Wira Pratama Polres Mojokerto. Diklat jurnalistik dengan tema 'Smart Membaca, Smart Menulis' bertujuan agar anggota bisa menulis dari sisi humanis.

Kapolres Mojokerto, AKBP Leonardus Simarmata mengatakan,  pelatihan tersebut diberikan khusus bagi anggota humas baik polres maupun polsek. "Tujuannya agar anggota bisa menulis semua aktivitas kegiatan kepolisian yang sifatnya humanis yang berhubungan dengan masyarakat," ungkapnya, Kamis (15/2/2018).

Masih kata Kapolres, sehingga ada sisi lain di luar penegakan hukum Polres Mojokerto dan jajaran yang bisa diangkat anggota yang ada di lapangan. Seperti bakti sosial, kunjungan ke desa, kerja bakti, perpusataan keliling, pengobatan gratis dan lain sebagainya.

"Mungkin ada anggota yang mengajar di sekolah, kedekatan khusus dengan tokoh agama yakni kegiatan kepolisian yang bisa diangkat dari sisi humanisnya. Sehingga kita gandengan teman-teman wartawan yang ada di Mojokerto ini untuk memberikan pelatihan bagi mereka," katanya.

Kapolres menjelaskan, rencananya tiap dua bulan sekali diklat jurnalistik akan diberikan kepada para anggota humas. Baik terkait, teknik penulisan, tekmik fotografi dan teknik uploud ke media sosial (medsos). Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) ke, Polres Mojokerto bekerja sama dengan wartawan di Mojokerto menggelar lomba foto.

"Lomba foto dengan tema 'Jepret Polisi Humanis' digelar untuk tingkat pelajar. Kenapa sekmen pelajar yang kita pilih, supaya pelajar semakin dewasa dan memahami tugas kepolisian sehingga tidak ada kesan takut kepada kepolisian tapi lebih ke sifat humanis," ujarnya.

Puncaknya, digelar senam di Mapolres Mojokerto bersama dan pameran foto hasil dari lomba serta pemberihan hadiah bagi pemenang lomba di Sunrise Kota Mojokerto. Kapolres menegaskan, jika Polri tidak bisa sendiri. Menurutnya, Polri dilihat dan diterima masyarakat karena media.

"Memang kita bisa dilihat dan diterima masyarakat juga berkat teman-teman media yang sangat membantu kegiatan kepolisian. Dan kita butuh feedback dari masyarakat melalui pelajar tersebut," jelasnya. [tin/but]

Tag : wartawan

Komentar

?>