Senin, 22 Oktober 2018

Tanggul Jebol Akibat Proyek Tol, Puluhan Hektare Sawah Terendam

Jum'at, 26 Januari 2018 12:38:27 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Tanggul Jebol Akibat Proyek Tol, Puluhan Hektare Sawah Terendam

Jombang (beritajatim.com) - Sedikitnya 40 hektare tanaman padi di Desa Bandar Kedungmulyo dan Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang rusak berat akibat diterjang banjir, Jumat (26/1/2018).

Banjir tersebut disebabkan tanggul yang dibuat pembangunan proyek tol Jombang - Kertosono jebol. Air mengalir deras dari Sungai Avur Besuk ke area persawahan yang ditanami padi. Tentu saja, padi yang berusia sekitar tiga bulan itu porak poranda. Bahkan tak terlihat karena tertutup tingginya debit air.

"Ada sekitar 40 hektare lahar pertanian yang terendam. Yakni, 25 hektar di Desa Bandar Kedungmulyo dan 15 hektare di Desa Gondangmanis. Karena kedua desa tersebut memang bersebelahan," ujar Camat Bandar Kedungmulyo Mahmudi.

Para petani hanya bisa pasrah melihat air bah menggenangi sawah tersebut. Mereka meminta pelaksana proyek tol bertanggung jawab. Yakni, memberikan ganti rugi atas peristiwa tersebut.

Tanggul yang jebol itu sepanjang enam meter dengan tinggi empat meter. Hingga saat ini warga beramai-ramai mendatangi kantor PT Lusi Pratama Jaya sebagai pelaksana proyek tol. [suf/but]

Komentar

?>