Senin, 25 Juni 2018

PT KAI Daop 9 Jember Waspada Bencana Banjir

Minggu, 14 Januari 2018 08:34:01 WIB
Reporter : Rindi Suwito
PT KAI Daop 9 Jember Waspada Bencana Banjir
Kereta api melintas di satu jalur di Banyuwangi. [Foto: Rindi/bj.com]

Banyuwangi (beritajatim.com)--PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 9 Jember, mulai waspada beberapa titik lokasi banjir pada jalur yang dilalui kereta api (KA), terutama jalur di sepanjang wilayah Banyuwangi.

Kondisi tersebut sangat beralasan lantaran beberapa waktu terakhir hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Banyuwangi. Bahkan, hingga menyebabkan beberapa daerah terandam banjir.

"Ada beberapa jalur itu yang kita anggap rawan, terdapat beberapa titik banjir, yang membahayakan jalur transportasi kereta api. Antara lain, di Banyuwangi di antara Stasiun Argopuro hingga Stasiun Banyuwangi Baru. Selain itu, daerah Kabat yang dinilai pula menjadi titik terendah jalur KA, sehingga rawan banjir," jelas Manager Humas PT. KAI Daop 9 Jember, Luqman Arif, Minggu (14/1/2018).

Oleh karenanya, kata Luqman Arif, PT KAI telah melakukan beberapa langkah untuk antisipasi kondisi tersebut. Di antaranya, normalisasi saluran air di sekitar jalur kereta api dan menempatkan petugas daerah rawan (PDR) 24 jam di titik tersebut.

"PDR tersebut segera melaporkan ke Pusat Pengendali Operasi Kereta Api (PusdalOpKa) tentang keadaan di sana. Jika banjir dan itu membahayakan ya harus laporan. Nanti ada tindakan sebelum pemberangkatan kereta," ungkapnya.

Selain itu, Daops 9 Jember juga mengantisipasi adanya bencana lain yang mengancam jalur KA. Salah satunya terjadinya kemungkinan adanya tanah longsor.

"Di sekitar perbukitan Kumitir tanah longsor bisa terjadi kapan pun. Kita selalu waspada dengan kondisi alam," terangnya.

Meski demikian, Luqman memastikan, perjalanan KA sampai saat ini dari Banyuwangi maupun sebaliknya lancar dan tidak ada kendala berarti. Meskipun PT KAI Daops 9 Jember tetap mewaspadai dan mengantisipasi adanya ancaman bencana tersebut. [rin/air]

Tag : banjir pt kai

Komentar

?>