Minggu, 21 Januari 2018

Pesanggaran Banjir, Ini Sumbangsih IPPNU Banyuwangi

Jum'at, 12 Januari 2018 20:53:18 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Pesanggaran Banjir, Ini Sumbangsih IPPNU Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Rasa peduli Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) tergerak kala banjir melanda beberapa desa di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Ribuan warga menjadi korban akibat banjir yang menerjang permukiman mereka, Rabu (10/1/2018) malam dan Kamis (11/1/2018).

Organisasi kaum putri NU inipun lantas menerjunkan tim relawan yang tergabung dalam Korps Pelajar Putri (KPP) Cabang Banyuwangi ke lokasi bencana. Mereka bahu membahu membantu bersama tim BPBD Banyuwangi, Dinas Sosial, TNI, Polri dan sejumlah warga lainnya.

"Kami merasa tergerak untuk membantu korban bencana banjir. Ketinggian air sampai 1 meter lebih atau setinggi dada pria dewasa saat berdiri," jelas Ketua IPPNU Banyuwangi, Bara Putri Rianda, Jumat (12/1/2018).

Menurutnya, beberapa yang paling ditekankan dalam kegiatannya ini, yaitu memberikan sentuhan langsung kepada warga terdampak. Salah satunya menyalurkan langsung bahan makanan kepada mereka.

"Banjir ini menyebabkan warga tidak bisa beraktivitas seperti memasak yg merupakan kebutuhan pokok
Semoga apa yg kami upayakan bisa meringankan beban dan warga korban banjir diberi ketabahan," ungkapnya.

Hingga Jumat (12/1/2018), assasment sementara dampak banjir di Kecamatan Pesanggaran masih dirasakan oleh sejumlah warga di beberapa desa.

Seperti, di Dusun Silirbaru, Desa Sumberagung, Kecamatan Peaanggaran warga yang terdampak banjir berjumlah 250 kepala keluarga (KK) atau sekitar 1250 jiwa, dan di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, berjumlah 80 KK atau 400 jiwa. Selanjutnya, Dusun Wringin Agung, Desa Pesanggaran sebanyak 60 KK diperkirakan mencapai 300 jiwa.

"Hari ini di kecamatan pesanggaran Alhamdulilah hujan sudah reda walaupun masih mendung. Sumber BMKG banyuwangi diperkirakan siang hingga malam nanti akan terjadi hujan sedang, dan para relawan saat ini masih siaga di Dusun Kali Wuluh, Desa Sumberagung," ungkapnya.

Sementara itu, BPBD Banyuwangi dan Tagana Dinas Sosial Banyuwangi dibantu petugas TNI dan Polri serta masyarakat sekitar, sejak kemarin telah mendirikan dapur umum untuk pemenuhan kebutuhan warga. Selain itu, tim BPBD Banyuwangi juga telah mulai melakukan normalisasi sejumlah sumur warga yang sempat terendam banjir.

Hal ini sebagai tindak lanjut kegiatan pasca banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Pesanggaran. Pasalnya, banyak warga yang diperkirakan kekurangan air bersih lantaran sumur mereka tak dapat digunakan. [rin/suf]

Tag : banjir

Komentar

?>