Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Jokowi: 2019 Tol Trans Jawa Harus Tuntas

Rabu, 20 Desember 2017 01:41:45 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Jokowi: 2019 Tol Trans Jawa Harus Tuntas

Surabaya (beritajatim.com) - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tak mau menerima alasan apapun lagi jika hingga akhir 2019 mendatang tol trans Jawa mulai dari Merak hingga Banyuwangi tidak segera selesai. Semuanya harus rampung tepat waktu agar Indonesia memiliki daya saing yang lebih kuat di dunia internasional.

"Tidak ada alasan lagi. Merak-Banyuwangi dengan total panjang 1.167 KM harus tuntas akhir 2019. Kalau perlu tiap bulan harus ada peresmian tol baru," ungkap Joko Widodo yang akrab dengan sebutan Jokowi itu saat peresmian Tol Surabaya Mojokerto (Sumo) sesi IB, II dan III di gerbang tol Warugunung Surabaya, Selasa (19/12/2017).

Dikatakan, saat ini tol yang terbentang mulai dari Jakarta hingga Jawa Timur baru sekitar 561 KM. Angka ini masih jauh dibandingkan harapan. Sebab negara lain seperti Tiongkok yang memulai pembangunan tol setelah Tol Jagorawi tahun 1997 saja sudah punya ratusan ribu kilo meter sedangkan Indonesia seribu kilo meter saja belum punya.

"Dulu semua mata di Asia memandang Indonesia yang mampu membangun tol Jagorawi, namun kini malah Indonesia yang tertinggal. Jadi jangan ada lagi permasalahan lahan dan berbagai permasalahan lainnya menjadi kendala. Masak masalahnya lebih panjang daripada jalan tonya sendiri," kata Jokowi.

Jika tahun 2019 mendatang tol yang menghubungkan seluruh wilayah pulau Jawa tuntas, maka program infrastruktur selanjutnya adalah tol trans sumatera yang saat ini sedang dikerjakan di Lampung dan tahun depan ruas jalan tol di Aceh pun akan dilakukan. Hingga nanti akan beranjak ke Indonesia Timur seperti Kalimatan dan Sulawesi.

Pembangunan jalan tol menurut Jokowi sangat penting karena infrastruktur akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang jauh lebih baik. Sebab nantinya semua daerah akan memiliki akses jalan darat yang jauh lebih baik dan lancar.

"Disisi lain kami juga terus menggenjot pembangunan pelabuhan hingga bandar udara yang baru agar semua wilayah terhubung," tandasnya. [rea/suf]

Tag : jalan tol

Komentar

?>