Kamis, 26 April 2018

Ratusan Karyawan PT Iglas Tuntut Kejelasan Pesangon

Senin, 18 Desember 2017 13:24:29 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Ratusan Karyawan PT Iglas Tuntut Kejelasan Pesangon

Gresik (beritajatim.com)- Ratusan karyawan PT Iglas (persero) menuntut kejelasan pesangon total sebesar Rp 75 miliar setelah diputus hubungan kerja (PHK) sejak tahun 2015. 

Mereka melakukan aksi duduk didepan pintu gerbang perusahaan penghasil botol kaca yang berlokasi di Jalan Kapten Darmo Sugondo Gresik. 

Ketua Umum Serikat Pekerja Karyawan PT Iglas (persero), Jonis Sulich Efendi mengatakan, aksi menuntut pesangon merupakan jalan terakhir. 

Pasca 411 karyawan di PHK oleh manajemen sejak tahun 2015."Sebelum kami melakukan aksi seperti ini, semua prosedur sudah ditempuh. Baik itu melalui pengadilan hubungan internasional (PHI). Tapi, kenyataan belum ada kejelasan dari manajemen," katanya kepada wartawan, Senin (18/12/2017).

Belum adanya kejelasan tersebut lanjut Jonis, manajemen berdalih akan menjualan aset pabrik PT Iglas yang ada di Ngagel Surabaya. 

Tetapi, lahan tersebut ada sengketa dengan Pemkot Surabaya. Sehingga, investor yang mau masuk enggan karena ada tanggungan yang besar.

"Meski ada kendala itu, manajemen tetap berdalih mencari investor. Padahal, teman-teman yang di PHK sudah berjalan dua tahun," ujarnya.

Ia menambahkan, dirinya sangat miris dengan sikap manajemen terhadap karyawan yang di PHK.Terlebih lagi, usia karyawan yang diberhentikan rata-rata diatas 45 tahun lebih.

"Pesangon yang diinginkan karyawan sangat penting untuk modal kerja. Bahkan, karena sudah tidak bekerja lagi. Beberapa karyawan terpaksa alih profesi menjadi ojek online guna menyambung hidup," tambahnya.

Selain melakukan aksi duduk di depan pabrik PT Iglas (persero). Ratusan karyawan tersebut juga berorasi bergantian mengkritik kebijakan manajemen yang dianggap tidak bertanggungjawab. [dny/ted]

Tag : demo gresik

Berita Terkait

    Komentar

    ?>