Jum'at, 19 Januari 2018

BPBD Pamekasan Pastikan Rumah Ambruk Akibat Rapuk

Senin, 18 Desember 2017 12:45:15 WIB
Reporter : Samsul Arifin
BPBD Pamekasan Pastikan Rumah Ambruk Akibat Rapuk

Pamekasan (beritajatim.com) - ‎Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan memastikan peristiwa ambruknya rumah Pak Yanto warga Dusun Morlaok, Desa Majungan, Pademawu, Minggu (17/12/2017). Bukan akibat puting beliung.

"Kondisi rumah memang sudah rapuh, ditambah hujan. Sehingga rumah tidak kuat menampung berat beban dan ambruk, jadi bukan akibat puting beliung," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan Budi Cahyono, Senin (18/12/2017).

Pihaknya menilai puting beliung tidak mungkin hanya fokus terhadap satu rumah tertentu saja, apalagi di lokasi kejadian hanya satu rumah warga terkena dampak. "Jadi kami luruskan bahwa kejadian itu bukan akibat puting beliung, sebab pepohonan di sekitar lokasi kejadian tidak rusak," ungkapnya.

"Puting beliung itu tidak mungkin hanya satu rumah, bahkan pepohonan di sekitar tempat kejadian tentunya juga akan membekas. Tapi nyatanya hanya satu rumah warga yang terkena dampak," jelasnya.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dan koordinasi bersama petugas kecamatan setempat, guna meluruskan peristiwa tersebut. "Kita sudah luruskan ke staf kecamatan untuk memberikan bantuan, sebab rumah itu sudah masuk rumah tidak layak huni," sambung pria yang akrab disapa Budi.

Ambruknya rumah pak Juhairiyah tersebut terjadi sekitar pukul 15:00 WIB, saat itu hujan deras disertai angin mengguyung wilayah Pademawu dan sekitarnya. Sehingga mengakibatkan rumah korban ambruk.

Beruntung kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa, hanya saja kerugian materil ditaksir sekitar Rp 50 juta. Apalagi akibat kejadian tersebut, kondisi rumah tidak bisa ditempati. [pin/kun]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>