Selasa, 16 Oktober 2018

Gempa Terasa di Pacitan, Warga Teleng Ria Mengungsi

Sabtu, 16 Desember 2017 08:07:32 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Gempa Terasa di Pacitan, Warga Teleng Ria Mengungsi

Pacitan (beritajatim.com) - Gempa yang menerjang Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat juga dirasakan warga Kabupaten Pacitan, Sabtu (16/12/2017) dini hari.

Bencana gempa yang berlangsung beberapa detik tersebut diikuti BMKG mengeluarkan peringatan potensi tsunami kepada masyarakat. Oleh karena itu masyarakat khususnya di pesisi pantai Jabar, Jateng dan DIY, diimbau untuk waspada. Hal itu yang membuat warga Pacitan, khususnya di sekitar Pantai Teleng Ria takut.

"Kami masih trauma banjir kemarin. Kami sempat mengungsi juga karena banjir. Eh kemarin juga terasa gempa yang cukup mengguncang," kata salah satu nelayan di Pantai Teleng Ria, Suparno, Sabtu pagi.

Dia menjelaskan, kemarin mengungsi di tamperan. Ketakutan tidak hanya masalah banjir. Namun diikuti ketakutan terjadi Tsunami. Sebagian warga memilih aman. Apalagi ada yang mengabarkan air pantai surut.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) mengguncang Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jabar yang berpotensi tsunami.

Terkait gempa ini, BMKG mengeluarkan peringatan potensi tsunami kepada masyarakat. Oleharena itu masyarakat khususnya di pesisi pantai Jabar, Jateng dan DIY, diimbau untuk waspada.

Berdasar laporan BMKG, gempa terjadi pukul 23.47 wib tepatnya di posisi Lintang 7.75 LS, Bujur 108.11 BT dengan kedalam 107 km.

Yaitu 11 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, 45 km Barat Daya Kota Tasikmalaya, 47 km Tenggara Garut, 107 km Tenggara Bandung dan 226 Tenggara Jakarta.  Tinggi gelombang diperkirakan lebih kecil dari 0.5m. [mit/but]

Tag : gempa tsunami

Komentar

?>