Kamis, 19 Juli 2018

Jelang Tahun Baru, Polisi Razia Bengkel Knalpot Brong

Jum'at, 15 Desember 2017 08:14:32 WIB
Reporter : Zamachsari
Jelang Tahun Baru, Polisi Razia Bengkel Knalpot Brong

Sampang (beritajatim.com) - Anggota Satlantas Polres Sampang blusukan ke bengkel-bengkel motor untuk menyisir sepeda motor yang masih memakai knalpot brong. Hal itu sebagai upaya mengantisipasi penggunaan knalpot brong saat pesta pergantian tahun.

Alhasil sejumlah kendaraan yang kedapatan memasang knalpot brong diminta untuk segera mengganti dengan kenalpot standar pabrik. Tak hanya itu, polisi juga mendatangi toko onderdil guna melarang penjualan knalpot brong.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk mengantisipasi penggunaan knalpot brong di jalan raya. Karena menimbulkan suara bising," terang Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar melalui Kasatlantas AKP Musa Bakhtiar, Jumat (15/12/2017).

Sedangkan untuk toko onderdil yang kedapatan menjual knalpot brong atau modifikasi, lanjut Musa, diimbau agar tidak menjualnya. "Semua sudah diatur dengan undang-undang. Perihal standart kebisingan knalpot motor tercantum dalam UULLAJ No.2 tahun 2009 pasal 48 ayat 3," ujarnya.

"Selain itu juga mengacu pada peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.7 tahun 2009, yaitu tentang tingkat kebisingan knalpot, dan berdasarkan pasal 285 UU No.22 tahun 2009 bahwasanya pengendara motor yang membawa kendaraan tidak memenuhi persyaratan tekhnik dan layak jalan akan ditindak, salah satu diantaranya adalah knalpot." pungkas Musa. [sar/suf]

Tag : tahun baru

Komentar

?>