Senin, 18 Desember 2017

BPBD Jember Sosialisasi Tanda Puting Beliung

Kamis, 23 Nopember 2017 21:06:48 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
BPBD Jember Sosialisasi Tanda Puting Beliung

Jember (beritajatim.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember menerbitkan surat kepada 31 pemerintah kecamatan agar mewaspadai terjadinya bencana puting beliung dan bencana lainnya.

Surat peringatan ini terutama ditujukan kepada empat kecamatan yang memiliki potensi bencana cukup tinggi, yakni Kecamatan Sumberbaru, Kecamatan Tanggul, Kecamatan Tempurejo, dan Kecamatan Silo. "Dalam surat itu kami juga menyebutkan tanda-tanda puting beliung diawali angin dan petir. Kami berharap masyarakat bisa melakukan antisipasi dini," kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Jember Widi Prasetyo.

Menurut Widi, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda Surabaya, selama November diperkirakan hujan ringan hingga lebat disertai angin kencang akan mengguyut di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Kecepatan angin mencapai 63 kilometer per jam. "Kondisi tersebut berlangsung selama 5 hingga 15 menit serta akumulasi curah hujan berkisar 51 – 500 milimeter," katanya.

Masyarakat diminta waspada, termasuk saat memasuki Desember. "Cuaca ekstrem dengan potensi bencana yang sama juga bisa terjadi," kata Widi. [wir/but]

Komentar

?>