Rabu, 22 Nopember 2017

Banjir Luapan Sungai Bengawan Solo Belum Masuk Rawan

Selasa, 14 Nopember 2017 19:11:32 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Banjir Luapan Sungai Bengawan Solo Belum Masuk Rawan

Bojonegoro (beritajatim.com) - Meskipun status kebencanaan di Kabupaten Bojonegoro telah dinaikkan siaga banjir dan longsor, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menilai bahwa banjir luapan Sungai Bengawan Solo belum begitu mengkhawatirkan.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Bojonegoro, Eko Susanto mengatakan, tinggi muka air Sungai Bengawan Solo masih di bawah siaga. Saat ini tinggi muka air di papan duga taman sungai bengawan solo menunjukkan angka 7.20 peilschaal.

"TMA masih rendah dititik 7.20 peilschaal. Untuk siaga satu itu dititik 13.00 peilschaal," ujarnya, Selasa (14/11/2017).

Menurut Eko Susanto yang perlu diwaspadai saat terjadi hujan adalah banjir bandang dan tanah longsor. Wilayah kabupaten Bojonegoro yang rawan terkena banjir bandang sedikitnya ada 7 kecamatan di 14 desa. Satu desa di Kecamatan Temayang, Gondang dan Kecamatan Sumberrejo.

Dua desa rawan banjir bandang berada di Kecamatan Kepohbaru dan Kasiman, sedangkan di Kecamatan Sekar tiga desa serta empat desa di Kecamatan Malo rawan banjir bandang saat hujan deras. "Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar daerah rawan untuk lebih waspada," ungkapnya.

Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Andik Sudjarwo mengungkapkan, pihaknya kini telah mengajukan peringatan siaga banjir dan tanah longsor ke Bupati, Suyoto. "Iya, hari ini kami naikkan surat peringatan siaga banjir dan longsor ke bupati," ujarnya.

Peringatan siaga banjir dan longsor ini diharapkan juga menjadi atensi bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain untuk turut serta dalam penanggulangan maupun pelaksanaan penanganan bencana. Peringatan siaga bencana alam tersebut mengantisipasi adanya prediksi dari BMKG yang menyebutkan bahwa bulan ini (November) akan terjadi intensitas hujan yang tinggi.

Saat terjadi hujan deras biasanya bencana yang sering terjadi yakni banjir bandang, tanah longsor maupun angin puting beliung. [lus/ted]

Komentar

?>