Rabu, 22 Nopember 2017

Pabrik Shuttle Cock Singosari Terbakar, Kerugian Rp. 1 Miliar

Selasa, 14 Nopember 2017 15:59:11 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Pabrik Shuttle Cock Singosari Terbakar, Kerugian Rp. 1 Miliar

Malang (beritajatim.com) - Kebakaran menghanguskan gudang produksi shuttle cock milik CV Unggul Aumireta di Kelurahan Ardimulyo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Senin (13/11/2017) malam. Akibat kejadian itu, bangunan produksi shuttle cock ludes hingga mengalami kerugian Rp.1 miliar.

Kasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran, Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Bahaya Kebakaran (PPBK) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang, Nurul Kusnaeni, menjelaskan, kebakaran diduga karena korsleting listrik.

"Kebakaran ini diduga disebabkan adanya arus pendek (konsleting, red) listrik. Akibatnya, menimbulkan api dan isi gudang merupakan cock yang sudah jadi (barang yang mudah terbakar) sehingga api cepat membesar," ungkap Nurul, Selasa (14/11/2017).

Menurutnya, kebakaran pertama kali diketahui dua satpam bernama Sudarno dan Bayu saat hendak mengunci gudang produksi. Kedua orang ini melihat asap mengepul dari oven untuk mengeringkan cock yang sudah jadi. Kejadian ini sekitar pukul 23.30 WIB.

Api semakin membesar dan membakar membakar gudang produksi cock yang sudah jadi. Selanjutnya, pihak CV menghubungi pemadam kebakaran Kabupaten Malang, dan tidak lama kemudian, enam unit pemadam kebakaran dari 3 unit kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang, 1 unit Damkar Kota Malang, 1 unit Damkar Kota Batu, dan 1 unit Damkar PT Betoel ini sampai di lokasi kejadian.

Petugas pemadam kebakaran dari tiga wilayah ini dapat memadamkan api sekitar pukul 03.00. Selanjutnya, petugas melaksanakan pendinginan atau pembahasan karena asap masih mengepul.

Beruntung, petugas pemadam kebakaran dari tiga wilayah dengan sigap mampu menyekat si jago merah, sehingga kebakaran tidak merembet ke lokasi lainnya. "Hampir pukul 04.00, pendinginan dan pembasahan selesai," kata dia.

Akibat kejadian ini, sebagian gedung rusak. Dinding tembok bagian kanan gedung produksi roboh dan atap ludes terbakar. Selain itu, gudang produksi yang berisi suttle cock yang sudah jadi hangus terbakar. Mesin oven cock juga hangus terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 1 miliar. "Saat ini kebakaran tersebut ditangani oleh Polsek Singosari," pungkasnya. (yog/kun)

Komentar

?>