Rabu, 22 Nopember 2017

Jangan Panik, Ini Trik Memadamkan Api Saat Elpiji Bocor

Selasa, 14 Nopember 2017 12:30:00 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Jangan Panik, Ini Trik Memadamkan Api Saat Elpiji Bocor

Bojonegoro (beritajatim.com) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro memberikan pelatihan terhadap istri petugas para pemadam. Pelatihan tersebut diharapkan memberi pemahaman terhadap istri para petugas pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran di lingkungannya.

"Apabila terjadi kebakaran elpiji di lingkungannya dapat menjelaskan bagaimana cara memadamkan api," ujar Kasi Operasi Dinas Pemadam Kebakaran, Kabupaten Bojonegoro, Sukirno, Selasa (14/11/2017).

Tekniknya sederhana saat terjadi kebakaran hanya ada tiga unsur segitiga api, yakni oksigen, panas dan media. Sehingga jika dalam tabung gas elpiji, sumber api yaitu berasal dari gas. "Sumber gas itu hanya ditutup dengan jari secara cepat. Tidak perlu panik, jika sumber gasnya itu sudah ditutup api otomatis padam," jelasnya.

Teknik pemadaman api jika terjadi kebakaran yang disebabkan oleh tabung elpiji ini dengan cara menutup langsung lubang gas yang keluar. Jika oksigen sudah tidak ada maka api akan padam. Sukirno menegaskan, jika terjadi kebakaran tabung gas tidak pernah meledak. "Yang meledak itu gasnya," jelasnya.

Jumlah kebakaran yang disebabkan dari gas elpiji hingga saat ini masih kecil. Sebanyak 80 kejadian, hanya dua kasus kebakaran yang disebabkan gas elpiji bocor. Sebagian besar kebakaran disebabkan karena konsleting arus listrik dan dari perapian. "Meski demikian harus tetap waspada," tegasnya.

Sekadar diketahui, pelatihan pemadaman api dari kebocoran gas elpiji ini dilakukan di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran. Pelatihan diikuti sekitar 30 orang dari para istri pemadam kebakaran. Selain para istri, para petugas juga banyak yang mencoba untuk memadamkan api. [lus/kun]

Komentar

?>