Rabu, 22 Nopember 2017

Burung Jadi Musuh Utama Pesawat Tempur

Minggu, 12 Nopember 2017 18:21:16 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Burung Jadi Musuh Utama Pesawat Tempur

Magetan (beritajatim.com) - Jangan pernah menyepelekan balon udara maupun burung yang terbang. Pasalnya dua hal itu dapat merusak mesin pesawat tempur milik Lanud Iswahjudi Maospati Magetan.

Bahkan, pada 2017, dua pesawat tempur canggih T50i Golden Eagle, buatan Korea Selatan dan Amerika, yang dimiliki tim tempur udara Skadron 15 Lanud Iswahjudi, Maospati, Magetan rontok berhadapan dengan sekawanan burung dan harus melakukan "engine swap" (ganti mesin).

"Padahal pabrikan mengklaim pesawat tidak akan rusak atau mati saat dilempar ayam. Tapi faktanya, burung kecil malah bisa merontokan mesin jet canggih dan harus melakukan engine awap (ganti mesin), kalau masih dipakai," ungkap Komandan Flight Ops (Operasi) B Skadron Tempur 15 Lanud Iawahjudi, Kapten Pnb Yudhistira kepada beritajatim.com, Minggu (12/11/2017).

Pasalnya, lanjut dia, saat uji coba, pesawat dalam keadaan diam. Saat di lapangan, pesawat dalam keadaan hidup sehingga menyebabkan kerusakan.

Hujan dan burung, lanjut Kapten Yudhistira, dua hal yang harus dihadapi setiap penerbang, tidak kecuali penerbang pesawat tempur yang memiliki kecepatan supersonic (kecepatan di atas kecepatan suara) hingga menimbulkan ledakan.

"Hujan dan burung itu harus di waspadai, karena itu kita antisipasi kawanan burung, terutama di area landasan, harus ada tim penghalau burung. Juga di seputar landasan tidak diperbolehkan menanam pohon buah-buahan. Rumput juga tidak dipotong pendek kurang dari 10 centimeter, karena burung akan melihat cacing direrumputan," kata penerbang pesawat tempur T50i Golden Eagle ini.

Dikatakan Kapten Yudhistira, untuk melatih menghadapi hujan dan kawanan burung, penerbang diharuskan latihan terbang malam. Meski efek dari latihan terbang malam, bisa mengganggu ketenangan warga masyarakat, namun itu harus dilakukan penerbang pesawat tempur. [mit/suf]

Tag : tni au lanud

Komentar

?>