Selasa, 21 Nopember 2017

Tanah Longsor Terjang Malang Selatan

Kamis, 19 Oktober 2017 09:13:33 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Tanah Longsor Terjang Malang Selatan

Malang (beritajatim.com) - Hujan yang mengguyur wilayah Malang Selatan mengakibatkan sejumlah titik tanah longsor terjadi dikawasan ini.  Pantauan beritajatim.com, Kamis (19/10/2017) pagi ini, hujan selama beberapa hari terakhir dengan intensitas panjang, mengakibatkan ruas jalan, plengsengan dan rumah penduduk tertimpa tanah longsor.

Longsor juga terjadi di Desa Ringinsari  RT 05 dan RT 13, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Ditempat ini, jalan penghubung antar dusun putus setelah diterjang tanah longsor.

Kondisi jalan dan jembatan yang dilalui air, ambles sedalam tiga meter lebih. Sekdes Ringinsari, Mustain mengatakan, pihaknya berharap jalan penghubung segera diperbaiki. Hal itu dikarenakan jalan tersebut menjadi akses transportasi satu-satunya oleh ribuan warga desa. “Hujan sejak kemarin mengakibatkan tanah longsor. Kondisi jalan ambles tergerus air hujan,” terang Mustain, Kamis (19/10/2017).

Kata dia, longsor juga terjadi di Dusun Sidodadi, Desa Ringinsari RT 12. Tebing longsor hingga menimbulkan tumpukan tanah disamping areal masjid Al Aqso.
Sementara itu, longsor badan jalan juga terjadi di selatan pasar Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Jalan lintas kecamatan di Wonorejo yang menghubungkan Kecamatan Gedangan dan Sumbermanjing Wetan, juga dipenuhi longsoran tanah.

Kondisi ini terjadi pasca Malang Selatan, diguyur hujan sejak tiga hari terakhir. Jalan Raya Propinsi di kawasan Druju atau Jurang Pletes, juga terkena longsor. “Khusus di jurang pletes sudah teratasi. Sudah bisa dilalui kendaraan. Kami menghimbau warga selalu meningkatkan kewaspadaanya jika melintas diareal tebing yang rawan longsor, karena hujan masih terjadi,” beber Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan. (yog/kun)

Komentar

?>