Selasa, 21 Nopember 2017

PT KA Tempatkan 'Rail Clinic' untuk Korban Gunung Agung Bali

Selasa, 17 Oktober 2017 21:26:00 WIB
Reporter : Rindi Suwito
PT KA Tempatkan 'Rail Clinic' untuk Korban Gunung Agung Bali

Banyuwangi (beritajatim.com) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 9 Jember, menempatkan kereta kesehatan (Rail Clinic) di Stasiun Banyuwangi Baru. Tujuannya, kereta tersebut untuk membantu pelayanan kesehatan, jika Gunung Agung terjadi erupsi.

"Rail Clinic sengaja ditempatkan di Stasiun Banyuwangi Baru, karena jaraknya hanya sekitaran 300 meter dari pelabuhan Ketapang Banyuwangi, sehingga keberadaannya bisa, cepat membatu para pengungsi, yang membutuhkan pertolongan kesehatan," ungkap Manager Humas PT KAI Daops 9 Jember, Luqman Arief, Selasa (17/10/2017).

Lukman mengatakan, Rail Clinic akan tetap standby di Banyuwangi selama status Gunung Agung masih bergejolak hingga nantinya dinyatakan aman. Sampai saat ini Gunung Agung di Kabupaten Klungkung, Bali masih berstatus Awas (Level IV).

"Kereta ini akan stanby di Banyuwangi selama diperlukan, dan keberadaan diharapakn bisa membatu masyarakat, yang memerlukan bantuan kesehatan," ungkap Luqman.

Selama ditempatkan, kata Luqman, kereta kesehatan tersebut akan dilengkapi dengan dokter, perawat dan tenaga opoteker. Sehingga keberadaannya diharapkan dapat membantu dan memberikan pertolongan pertama pada para korban Gunung Agung.

"Tenaga medis akan kita stanby-kan selama 24 jam, lengkap dengan tenaga dokter, perawat dan apoteker yang akan bergantian selama 3 shift," imbuhnya.

Sejauh ini, kereta Rail Clinic ini biasa digunakan PT KAI untuk acara bakti sosial maupun pengobatan gratis. Terlebih saat terjadi bencana, kereta ini dapat memberikan pelayanan dan pertolongan bagi warga yang membutuhkan. (rin/ted)

Tag : gunung agung

Komentar

?>