Rabu, 22 Nopember 2017

Ini Cerita Mbah Sri, Sebelum dan Sesudah Viral

Selasa, 17 Oktober 2017 10:20:33 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Ini Cerita Mbah Sri, Sebelum dan Sesudah Viral

Ponorogo (beritajatim.com) - Ponorogo sempat geger dengan postingan tentang Mbah Sri, warga Jalan Argopuro gg 1, Kelurahan Bangunsari, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo. Apalagi, postingan dibuat teriris-iris, jalan ke lokasi rumah mbah Sri hanya bisa dilewati satu orang saja. Itupun posisinya miring.

Padahal, saat beritajatim.com ke lapangan, memang benar ada jalan tersebut. Namun bukan satu-satunya jalan, karena ada jalan di sisi utaranya yang jauh dari kata layak.

Sebelum sempat viral di media sosial, nenek renta yang hidup sendiri itu, memang hanya hidup di rumah sempit. Dengan posisi rumah yang hampir runtuh dan kusam.

Mbah Sri yang menderita kebutaan sejak kecil juga hanya memiliki rumah sempit. Tanpa satu orang pun keluarganya. "Kulo piyambakan teng mriki (saya sendirian disini-red)," kata mbah Sri.

Dia pun menggeleng sekuat tenaga ketika mau dipindahkan ke panti sosial. Alasannya, dia sudah terlalu cinta dengan rumahnya. Posisinya yang buta juga membuat dirinya sudah hapal lorong rumahnya.

"Mboten, kulo teng mriki mawon. Moto yo mboten usah diperiksakne. Pokokke kulo teng mriki. (Tidak, saya disini saja. Mata juga tidak usah diperiksakan. Pokoknya saya disini-red," kata mbah Sri tegas.

Setelah viral, bantuan berdatangan, rumah mbah Sri pun berubah. Dulunya terlihat kusam sekarang menjadi cling, temboknya berwarna biru.

Pun bajunya, Mbah Sri sekarang memakai baju jauh lebih layak daripada sebelumnya. Mbah Sri juga lebih fresh dibanding sebelumnya. Bantuan demi bantuan juga berdatangan.

Namun, ketua RT setempat, Heru, mengklaim sudah menghidupi mbah Sri lebih manusiawi. Warga setempat bahkan menunjuk bendahara umum untuk mengurus mbah Sri. "Tiap hari tetangga sudah memberi makan. Sudah mengurus mbah Sri seperti neneknya sendiri," terangnya.

Yang sempat memviralkan, lanjut dia, 100 persen tidak tahu kehidupan yang ada. Bahkan tentang jalan, dia mengatakan, ada alternatif lain. (mit/kun)

Tag : ponorogo

Komentar

?>