Selasa, 24 Oktober 2017

BPBD Banyuwangi Segera Bagikan Masker, Tapi...

Kamis, 05 Oktober 2017 15:23:41 WIB
Reporter : Rindi Suwito
BPBD Banyuwangi Segera Bagikan Masker, Tapi...

Banyuwangi (beritajatim.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyiapkan ribuan masker untuk warga di daerahnya. Hal ini menyusul status awas aktivitas Gunung Agung, Bali.

Meskipun hingga saat ini belum ada yang mengetahui kapan gunung tersebut akan erupsi. Namun, pihak BPBD Banyuwangi bertujuan untuk mengantisipasinya.

"Kemungkinan jika erupsi kemungkinan dampak yang didapat oleh kita nanti adalah berupa debu vulkanik. Kita tahu debu vulkanik sangat berpengatuh pada kesehatan. Terutama mengganggu pernapasan. Sehingga kita kordinasi dengan Dinas Kesehatan, PMI dan instansi lain di samping dari kita sendiri untuk menyiapkan masker," jelas Kepala Pelaksana BPBD Banyuwangi, Fajar Suasana, Kamis (5/9/2017).

Masker yang disiakan, kata Fajar, berjumlah lebih dari 200 ribu lembar. "Dari kita standby sudah tersedia masker sebanyak 58 ribu, dari PMI 100 ribu, nanti ditambah dari instansi lain juga tersedia," ujarnya.

Namun, lanjut Fajar, pembagian masker tersebut masih menunggu kondisi terkini aktivitas Gunung Agung. Sehingga warga diminta tetap tenang, tidak perlu panik sambil menunggu informasi baku dan positif.

"Sekarang belum ada dampaknya, tapi setidaknya kita sudah siap siaga mengantisipasi daerah. Dampak abu vulkanik juga tergantung arah angin. Memang berdasarkan data perhitungan BMKG Banyuwangi, arah angin pada Bulang Oktober ini masih cenderung mengarah ke barah," ungkapnya.

Sebelumnya, BPBD Banyuwangi juga telah melakukan rapat koordinasi bersama stakeholder terkait. Baik dari SKPD maupun instansi lainnya kaitan dengan aktivitas Gunung Agung tersebut. BPBD telah menyampaikan langkah sosialisasi kepada para SKPD dan instansi untuk masyarakat mengenai kondisi terkini. [rin/but]

Tag : gunung agung

Komentar

?>