Rabu, 18 Oktober 2017

Pihak Sekolah Akan Ganti Pembangunan Gedung Dengan Uang Pribadi

Selasa, 26 September 2017 16:48:21 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Pihak Sekolah Akan Ganti Pembangunan Gedung Dengan Uang Pribadi

Bojonegoro (beritajatim.com) - Adanya gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 4, Desa Ngumpak Dalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pendidikan setempat langsung memanggil pihak panitia pelaksana pembangunan untuk melakukan penyelidikan.

Dari hasil keterangan yang diberikan pihak kepala sekolah kepada petugas dinas pendidikan, kepala Bidang Pendidikan SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Chumaidi, mengatakan, pihak sekolah sepakat akan membangun kembali gedung yang ambruk dengan menggunakan dana pribadi.

"Jadi ini akan di bangun kembali oleh kepala sekolah dan panitia pelaksana. Secepatnya akan dibangun karena itu ruang guru dan pertemuan," ujarnya, Selasa (26/9/2017).

Meaki akan dibangun kembali dengan cara iuran yang dilakukan kepala sekolah dan guru, pihak Dinas Pendidikan (Disdik) akan tetap melakukan koordinasi dengan pihak inspektorat. "Saat ini kita sedang membuat laporan untuk Bupati," terangnya.

Dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor, 123 tahun 2016, tentang Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan fisik digarap secara swakelola oleh panitia yang ditunjuk oleh sekolah atau masyarakat. "Tim sedang membuat laporan dan analisa kerugian dan cara penyelesaian nanti diserahkan kepada bupati," pungkasnya.

Sekadar diketahui, bangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri 4, Desa Ngumpak Dalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro ambruk. Bangunan berdinding tembok itu ambruk diduga karena terkena angin kencang dan hujan deras yang terjadi, Senin (25/9/2017) pukul16.00 WIB.

Ambruknya gedung sekolah itu diduga disebabkan karena kesalahan kontruksi dalam pembangunan tidak sesuai RAB. Dalam rancangan anggaran belanja (RAB) harusnya kuda-kuda 6, tapi hanya diberi empat. Selain itu, besi yang digunakan harusnya 11,7 milimeter, diisi 10 milimeter. [lus/kun]

Komentar

?>