Senin, 11 Desember 2017

Gangguan Line 150 KV Jalur GI Akibatkan Sebagian Wilayah Madura Padam

Minggu, 24 September 2017 08:27:08 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Gangguan Line 150 KV Jalur GI Akibatkan Sebagian Wilayah Madura Padam

Pamekasan (beritajatim.com) - Adanya gangguan Line 150 KV Jalur Gardu Induk (GI) di Ujung-Bangkalan, mengakibatkan sebagian wilayah di Madura mengalami pemadaman. Tidak terkecuali di kabupaten Pamekasan, Sabtu (23/9/2017) malam.

"Kami meminta maaf kepada pelanggan di Madura, pemadaman ini akibat gangguan Line 150 KV Jalur GI Jalur Ujung-Bangkalan penyuplai ke Madura. Ini (pemadaman) di luar dugaan dan tak terencana," kata Asisten Manajer Administrasi dan Pelayanan PLN Area Pamekasan Hudono, saat on air melalui Dinamika Madura Karimata FM.

Akibat kejadian tersebut, sebagian wilayah di Pulau Garam mengalami pemadaman. Sekalipun sebagian di antaranya tetap menyala dan dalam kondisi normal. "Wilayah Madura saat ini hanya di suplai dari 1 line 150 KV Jalur GI Kenjeran-Gilitimur," ungkapnya.

"Namun jalur itu hanya mampu mensuplai 2 per 3 dari total beban malam di Pulau Madura, sementara beban puncak Madura sebesar 220 MW (MegaWatts). Sementara beban yang tersedia sebesar 140 MW, sehingga minus 80 MW," jelasnya.

Guna mengatasi kondisi tersebut, pemadaman bergilir dan bertahap hingga sekitar 2 jam hingga proses perbaikan kembali normal. "Pemadaman bergilir ini akan kembali normal setelah beban turun atau hasil investigasi dan perbaikan kabel transmisi yang terganggu (Line Ujung-Bangkalan) kembali normal," pungkasnya. [pin/ted]

Tag : listrik

Komentar

?>