Minggu, 22 Oktober 2017

Tagana NTB Diterjunkan Bantu Penanganan Gunung Agung

Jum'at, 22 September 2017 19:45:29 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Tagana NTB Diterjunkan Bantu Penanganan Gunung Agung

Jember (beritajatim.com) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, seluruh anggota taruna siaga bencana (tagana) di Bali diterjunkan untuk menangani proses evakuasi dan antisipasi terhadap peningkatan aktivitas Gunung Agung beberapa hari terakhir.

"Tagana dari Nusa Tenggara Barat juga kami minta berbagi tugas. Mereka sudah bisa menyiapkan jadwal yang bisa saling menjaga vitalitas para tagana sendiri," kata Khofifah, di sela-sela kunjungan ke Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (22/9/2017) sore.

"Kebetulan di (Kabupaten) Karangasem belum punya dapur umum lapangan (dumlap). Saya meminta bisa di-deploy dumlap dari kabupaten lain di Bali. Dapur umum lapangan ini memang efektif, karena di mana ada pengungsian, dia bisa bergerak langsung menyiapkan semua kebutuhan logistik masyarakat yang sedang dievakuasi," kata Khofifah.

Kemensos sudah menyiapkan 70 orang Tagana untuk membantu penanganan psiko-sosial pengungsi. "Pada saat yang sama sudah harus disiapkan format untuk psycho-social therapy, karena ada kekhawatiran mereka jenuh di tempat pengungsian atau ingin segera kembali ke rumah namun belum memungkinkan," kata Khofifah.

Dari 33 ribu anggota Tagana, sekitar 5.300 orang memiliki kemampuan terapi tersebut. "Biasanya saat terjadi bencana alam, kita tak perlu menunggu selesainya kondisi darurat, tapi sudah menyiapkan program untuk dukungan layanan psycho-social," kata Khofifah.

Menurut Khofifah, tujuh kilometer dari puncak Gunung Agung masuk kategori zona merah. "Proses evakuasi dikomandani Badan SAR Nasional. Tagana akan membantu, dan komandan keseluruhan adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Tugas Kementerian Sosial adalah saat di pengungsian dan kecukupan logistik," katanya.

Khofifah mengaku sudah mendapat informasi prediksi puncak aktivitas Gunung Agung. "Tapi itu wilayah BNPB. Insya Allah ini sudah terkoordinasikan sangat baik," katanya. [wir/but]

Tag : gunung agung

Komentar

?>