Minggu, 22 Oktober 2017

Pemerintah Pastikan Stok Pangan untuk Pengungsi Gunung Agung Aman

Jum'at, 22 September 2017 17:37:33 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Pemerintah Pastikan Stok Pangan untuk Pengungsi Gunung Agung Aman

Jember (beritajatim.com) - Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan persediaan pangan untuk warga yang mengungsi akibat meningkatnya aktivitas Gunung Agung di Bali aman. Sore hari ini terkonfirmasi warga dievakuasi di empat titik.

Sejak beberapa hari lalu, tim dari Kementerian Sosial sudah meluncur ke Bali untuk mempersiapkan kondisi terburuk. "Terutama tim yang terkait dengan penyiapan pengungsian. Saat terjadi letusan pertama jam dua dini hari, saya sudah langsung koordinasikan saat subuh supaya Bupati Karangasem mengeluarkan surat darurat untuk mengeluarkan cadangan beras pemerintah," kata Khofifah, di sela-sela kunjungan ke Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (22/9/2017) sore.

Dengan surat itu, bupati Karangasem bisa menggunakan seratus ton cadangan beras pemerintah untuk masyarakat yang dievakuasi. "Seandainya 100 ton ini tidak cukup karena kemungkinan jumlah yang dievakuasi bertambah besar ketika ada peningkatan aktivitas di Gunung Agung, maka bisa dikeluarkan SK darurat gubernur, supaya bisa dikeluarkan 200 ton cadangan beras pemerintah," kata Khofifah.

"Seandainya itu pun sudah terpakai, baru Menteri Sosial mengeluarkan cadangan beras pemerintah. Jadi pada posisi kecukupan beras insya Allah tidak ada masalah," kata Khofifah.

Sementara itu persediaan selimut dan pakaian, menurut Khofifah sudah terpenuhi. "Hal-hal terkait kebutuhan pengungsi sudah harus disiapkan," katanya. [wir/but]

Tag : gunung agung

Komentar

?>