Sabtu, 16 Desember 2017

Peringati Muharam, Warga di Probolinggo Gelar Selamatan Desa

Kamis, 21 September 2017 21:51:35 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Peringati Muharam, Warga di Probolinggo Gelar Selamatan Desa

Probolinggo (beritajatim.com) - Peringanti 1 Muharam atau tahun baru 1439 Hijriyah diperingati dengan bermacam kegiatan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga Desa / Kecamatan Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, yang menggelar acara selamatan desa.

Di Desa Krejengan ini sudah menjadi tradisi rutin, merayakan tahun baru Islam, dengan sekaligus menggelar selamatan desa, serta melakukan kirap tumpukan sesajen dari rumah Kades ke Balai Desa yang jaraknya yaitu sekitar 1 km. Acara ini diikuti oleh ratusan warga setempat.

Hal itu, dilakukan warga sebagai bentuk rasa syukur dan keberkahan hasil bumi yang dihasilkan warga. Kirap jodang yang berisi sesajen seperti kemenyan, bunga 7 rupa, hasil bumi, air 7 sumur, daging, ikan laut, dan lainnya. Setelah jodang tersebut dido’akan bersama, selanjutnya akan dikirap ke 10 makam bujuk sesepuh desa setempat.

Maksun, salah satu warga mengatakan bahwa kirap jodang itu sudah dilakukan sejak dahulu secara turun temurun. Jodang yang berisi sesajen itu harus dilakukan warga, karena itu sudah menjadi tradisi sejak dulu untuk sesepuh di Desa Krejengan.

"Jadi kami sengaja mereyakan acara ini seperti yang telah dilakukan oleh nenek moyang kami sejak dulu. Dan semoga ini terus dilaksanakan hingga anak cucu kami nanti,” ujar Maksun kepada beritajatim.com, Kamis (21/9/2017).

Sementara itu, Kepala Desa Krejengan Nurul Huda mengaku, kalau dengan kirap jodang berisi sesajen tersebut merupakan kegiatan rasa syukur warga terhadap hasil tani di wilayah setempat yang tergolong melimpah. "Tradisi sejak lama ini sudah 3 tahun tidak dilakukan. Namun, mulai saat ini nantinya akan digelar kembali secara rutin," pungkasnya. (oci/kun)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>