Selasa, 24 Oktober 2017

Air Cucian Keris dan Pusaka Jadi Rebutan Warga Ponorogo

Rabu, 20 September 2017 20:03:27 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Air Cucian Keris dan Pusaka Jadi Rebutan Warga Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) - Warga Ponorogo rupanya masih percaya khasiat air jamas bekas pencucian pusaka tombak songsong tunggul wulung, tombak tunggul nogo, sabuk cindi puspito dan sabuk. Buktinya sesaat setelah mencuci pusaka, air jamas langsung dijadikan rebutan.

Warga masih percaya bahwa, air jamas mempunyai kekuatan mistis. Entah itu awet muda, enteng jodoh, lancar rejeki maupun yang lainnya.

"Iya biar awet muda. Makanya saat kirab pusaka saya nunggunya di garis finish. Bukan di jalan-jalan. Karena memang mau cuci muka dengan air jamas," kata Sri Hartati, salah satu warga.

Dia mengaku, hal itu dilakukan bertahun-tahun. Karena memang kepercayaan dari turun menurun. Walaupun harus menunggu berjam-jam.

Di sisi lain, warga yang masih percaya, Intan Nugrahaini. Dia menjelaskan, setiap tahun menunggu air jamas untuk permintaan yang berbeda-beda.

"Pokokknya saya percaya saja. Selain berdoa, berusaha dan melakukan hal-hal seperti cuci dengan air jamas. Ya namanya usaha mbak," tambahnya. (mit/ted)

Tag : suran agung

Komentar

?>