Minggu, 24 September 2017

Kandang Sapi H Hasan Terbakar, 2 Rumah Ikut Ludes

Sabtu, 09 September 2017 19:26:14 WIB
Reporter : Zamachsari
Kandang Sapi H Hasan Terbakar, 2 Rumah Ikut Ludes

Sampang (beritajatim.com) - Diduga berawal dari tersulutnya tumpukan jerami oleh api, kandang sapi beserta dua rumah warga di Dusun Tengginah, Desa Dulang, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, Madura, terbakar.

H. Hasan (45) warga sekitar yang saat itu berada di lokasi mengatakan, kobaran api berasal dari kandang sapi milik Abdul Hari (60), warga setempat. Api yang terus menyala kemudian merembet hingga pada tumpukan jerami kering untuk persediaan pakan ternak di musim kemarau.

"Api muncul dari kandang sapi milik Abdul Hari, setelah dilihat, ternyata api mulai membesar karena mengenai timbunan pakan sapi (jerami kering). Saya berteriak minta tolong, warga mulai berdatangan untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Karena angin kencang, api terus membesar dan merembet ke rumah milik Dul Heri dan rumah Sihat," terang H.Hisan, Sabtu (9/9/2017).

Lanjut H.Hisan, dugaan penyebab kebakaran itu, berasal dari kandang milik Dul Heri yang ingin membuat kepulan asap guna mengusir nyamuk di dalam kandangnya. Akan tetapi bara api itu kemudian membesar hingga mengenai tumpukan jerami kering.‎

"Saat kejadian warga sempat panik karena khawatir api tak dapat dijinakan, karena suhu di Sampang panas sekali ditambah kondisi angin kencang," imbuhnya.

Sementara Kasi Ops Damkar Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sampang, M Maftuh Fathorrohman menyatakan, berdasarkan laporan masyarakat, kebakaran diduga karena pemilik kandang sapi sedang membakar sampah untuk mengusir nyamuk.

"Kita berhasil memadamkan api dengan mengerahkah 2 unit mobil damkar dan 1 unit tangki suplay air bersih. Taksiran akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 350 juta," pungkasnya. [sar/but]

Tag : kebakaran

Komentar

?>