Minggu, 24 September 2017

Lahan Tebu Seluas 9 Hektar di Mojokerto Terbakar

Jum'at, 08 September 2017 18:16:47 WIB
Reporter : Misti P.
Lahan Tebu Seluas 9 Hektar di Mojokerto Terbakar

Mojokerto (beritajatim.com) - Lahan tebu di Dusun Setoyo, Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jum'at (8/9/2017) terbakar. Hampir 9 hektar lahan tebu siap panen milik Kepala Dusun (Kadus) Setoyo, Hariyanto (52) ludes di lalap si jago merah.

Kebakaran lahan tebu tersebut diketahui pemilik sekira pukul 12.15 WIB. Awalnya api muncul dari bekas daun tebu sisa panen kemudian merambat ke tanaman tebu yang siap panen. Korban mengaku mendapat informasi dari warga jika ada lahan tebu terbakar, namun ia tak tahu jika lahan tebu yang terbakar tersebut miliknya.

Korban baru menyadari jika lahan tebu yang terbakar tersebut miliknya setelah di cek ke lokasi. "Saat itu saya juga tidak tahu, ada warga yang melapor ke saya kalau ada lahan tebu terbakar. Tidak tahunya, itu lahan tebu milik saya," ungkapnya.

Cuaca panas didukung dengan angin kencang menyebabkan api cepat meluas hingga membakar tanaman bambu sebagai pembatas lahan tebu dengan pemukiman warga. Akibatnya, warga di sekitar lokasi terbakarnya lahan tebu khawatir api merambat ke pemukiman warga.

"Ada sekitar 9 hektar lahan tebu yang terbakar, kerugian sekitar Rp80 juta. Warga juga panik karena api yang tertiup angin cukup kencang menyebabkan api semakin cepat membesar dan meluas. Karena pemukiman warga hanya dibatasi dengan tanaman bambu yang juga nyaris terbakar," ujarnya.

Petugas sukarelawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto dibantu warga setempat dengan sigap berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Sukarelawan dan warga memanfaatkan air dari sungai di dekat tanaman bambu.[tin/ted]

Komentar

?>