Sabtu, 23 September 2017

Arena Penggemblengan Prajurit Perang Kerajaan Kediri Ditemukan di Gunung Klotok

Senin, 21 Agustus 2017 19:03:46 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Arena Penggemblengan Prajurit Perang Kerajaan Kediri Ditemukan di Gunung Klotok

Kediri (beritajatim.com) - Sebuah goa dan tempat pemujaan terhadap para dewa ditemukan di hutan kawasan Gunung Klotok tepatnya diatas Goa Selomangleng, Kota Kediri. Situs ini diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Kediri yang bertahun-tahun tertutup oleh lebatnya hutan.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri Nur Muhyar mengaku, situs baru ini bernama Selobale. Berdasarkan hasil penelitian, situs tersebut berkaitan erat dengan Goa Selomangleng.

“Goa Selomangleng menjadi wellcome get atau pintu dari sebuah situs besar ini (Selobale, red). Jika telah dikembangkan, ini akan menjadi sebuah obyek wisata budaya bersejarah yang luar biasa di Kota Kediri,” ungkap Nur Muhyar kepada beritajatim.com, Senin (21/8/2017).

Di Situs Selobale terdapat sebuah goa yang ukuraanya hampir sama dengan Goa Selomangleng. Lalu ada sebuah tempat pemujaan ditandai dengan reruntuhan arca. Tempat tersebut lumayan luas. Konon katanya menjadi tempat penempaan atau penggemblengan para prajurit Kerajaan Kediri era Raja Airlangga.

“Dari hasil penelitian kami, situs tersebut menjadi suatu tempat belajar bagi para prajurit Kerajaan Kediri. Mereka dididik dan dilatih oleh para resi sebelum diterjunkan ke medan peperangan,” beber Nur Muhyar.

Untuk mengeksplorasi Situs Selobale ini, Disbudparpora Kota Kediri sedang melakukan koordinasi dengan instansi instansi terkait. Diantaranya, Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Perhutani. Mengingat lokasi situs ada di kawasan lahan milik perhutani. (nng/kun)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>