Rabu, 27 September 2017

Ini Rekor Dunia Tumpeng Tiwul dari Pacitan

Sabtu, 19 Agustus 2017 21:45:39 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Ini Rekor Dunia Tumpeng Tiwul dari Pacitan
Tumpeng tiwul dengan bahan baku mencapai 2,5 ton dari Pacitan. [Foto: Pramita/bj.com]

Pacitan (beritajatim.com)--Tiwul tidak bisa lepas dari Kabupaten Pacitan. Di manapun berada, tiwul Pacitan selalu khas dan dicari.

Apalagi dengan pemecahan rekor dunia tumpeng tiwul terbesar di Pacitan. Warga Pacitan membuat tiwul raksasa.

Dengan diameter 4 meter, tinggi tumpeng mencapai 5,4 meter, Museum Rekor Indonesia (MURI) menyebut tumpeng tiwul itu spektakuler. ‘’Ini rekor spektakuler. Tumpeng thiwul terbesar di dunia ditorehkan di Pacitan,’’ ungkap Executive Manager MURI, Sri Widyawati.

Dia mengatakan, warga patut berbangga. Karena pencatatan rekor MURI diwujudkan sendiri. Sebanyak 274 orang bekerja keras membuat tumpeng tiwul dengan berat 2.800 kilogram selama 8 jam.

Sri menjelaskan, mereka merupakan gabungan dari 39 grup pemadat tumpeng, pendekor, dan koordinator. Bahan yang dibutuhkan juga tidak sedikit, mencapai 2,5 ton tepung tapioka dan tepung singkong.

Sri memastikan rekor yang ditorehkan kemarin merupakan pemecahan baru. Sebelumnya, ada pemecahan rekor menggunakan tiwul, namun beda kategori. ‘’Kalau rekor tiwul terpanjang ada. Ditorehkan di Wonogiri tahun 2008 lalu,’’ tuturnya.

Tahun 2008 lalu, warga Wonogiri membuat rekor dunia tiwul terpanjang, mencapai 534 meter dari 2.038 porsi thiwul. Pengukuhan tumpeng tiwul sebagai rekor dunia salah satunya karena untuk melestarikan tiwul yang merupakan makanan khas Indonesia.

Soal tumpengnya, lanjut dia, sebelumnya sudah pernah ada pemecahan rekor dunia tumpeng. Tetapi, tumpeng nasi. ‘’Tumpeng nasi sudah ada, sebelas meter dari Kediri,’’ kata dia. [air/mit]

Komentar

?>