Selasa, 24 Oktober 2017

Sampai Bulan Ini, 72 Bencana Alam Terjadi di Kabupaten Malang

Kamis, 20 Juli 2017 14:25:54 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara

Malang (beritajatim.com) - Kabupaten Malang sebagai kawasan rawan bencana alam, nampaknya harus menjadi perhatian serius pemerintah. Sampai bulan Juli 2017 ini,  sedikitnya sudah terjadi 72 peristiwa bencana alam disejumlah titik. Jumlah itu meningkat tajam jika dibanding tahun 2016 lalu yang hanya 64 peristiwa bencana alam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Iriantoro, Kamis (20/7/2017) menuturkan, pada tahun 2016 sejak bulan januari sampai desember terdapat 64 peristiwa bencana alam. “Pada tahun ini sejak bulan Januari hingga pertengahan bulan Juli sudah ada 72 peristiwa bencana alam. Namun tidak ada korban jiwa meninggal dunia selama bencana 2017 ini,” ungkapnya.

Pria yang pernah menjabat Seketaris DPRD Kabupaten Malang itu melanjutkan, bencana alam yang sering terjadi selama tahun ini adala angin puting beliung, tanah longsor dan banjir. Titik bencana alam juga berubah-ubah. Dicontohkan, tahun lalu angin puting beliung melanda wilayah desa klampok, kecamatan singosari, tetapi tahun ini melanda desa Langlang kecamatan setempat dan beberapa desa di kecamatan jabung.

“Angin Puting beliung memang sulit dan tidak bisa kita prediksi. Namun demikian, BPBD selalu berupaya untuk meminimalisir munculnya korban jiwa dalam setiap bencana yang terjadi. Disitu yang paling penting dan kita tekankan,” urainya.

Iriantoro menambahkan, bencana lain yang melanda selama tahun 2017 adalah tanah gerak di wilayah kecamatan poncokusumo, bencana banjir di wilayah kecamatan kasembon dan bencana tanah longsor di wilayah Malang barat, pujon ngantang dan juga kecamatan kasembon. (yog/kun)

Tag : bencana malang

Komentar

?>