Kamis, 29 Juni 2017

Polres Banyuwangi Terjunkan Penembak Jitu dan Tim Murai Macan

Senin, 19 Juni 2017 22:50:29 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Polres Banyuwangi Terjunkan Penembak Jitu dan Tim Murai Macan

Banyuwangi (beritajatim.com) - Selama ramadan dan lebaran tahun ini, Polres Banyuwangi meluncurkan tim khusus bernama Murai Macan. Selain khusus, tim ini juga memiliki tugas istimewa, karena dibentuk untuk mengurai kemacetan.

Peluncuran tim ini secara resmi dilakukan saat Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya di area parkir Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang, Banyuwangi, Senin (19/6/2017). Mengendarai roda dua, tim ini akan terjun ke lokasi saat terjadi suasana keramaian dan crowded.

"Dimana ada macet mereka kita terjunkan untuk membantu mengurai. Salah satunya akan dikonsentrasikan di sekitaran Pelabuhan Ketapang yang pada arus balik nanti diprediksi akan timbul antrian kendaraan. Tim ini akan bertugas selama 24 jam," jelas Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto.

Selain itu, Polres Banyuwangi juga memiliki tim khusus lain yang dipersiapkan khusus untuk pembasmi kejahatan. Petugas yang tergabung dalam tim dipersenjatai lengkap. Mereka ditempatkan khusus di titik-titik rawan kejahatan. Dalam tim ini juga terdapat para sniper atau penembak jitu.

"Sebagian lagi diperintahkan untuk melakukan patroli untuk memberi rasa aman dan nyaman masyarakat yang meninggalkan rumah untuk silaturahmi selama Lebaran Idul Fitri," terangnya.

Kehadiran dua tim ini menjadi bagian dari 900 personil gabungan yang dipersiapkan dalam Operasi Ramdniya 2017. Mereka terdiri dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, ASDP, Pramuka, Senkom, Dinkes serta sejumlah unsur lain. Personil gabungan tersebut akan bertugas di 18 Pos Pengamanan dan objek vital yang tersebar di seluruh Banyuwangi.

"Jalur Gumitir termasuk salah satu titik rawan. Dikhawatirkan ada truk yang mogok sehingga menganggu lalu lintas. Di sana juga termasuk rawan longsor. Nanti kita tempatkan personil di situ. Pasar Genteng juga diantisipasi karena takut macet saat aktivitas pasar sedang sibuk-sibuknya," ungkap Kapolres.

Operasi Ramadniya ini akan berlaku mulai 19 Juni hingga 16 hari ke depan. Tak hanya melakukan pengamanan selama di darat, tapi pasukan juga dioperasikan di laut untuk pengamanan selama aktivitas penyeberangan di Selat Bali. [rin/suf]

Tag : lebaran

Komentar

?>