Jum'at, 15 Desember 2017

Mudik dengan Pesawat Belum Populer di Jember

Senin, 19 Juni 2017 21:28:28 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Mudik dengan Pesawat Belum Populer di Jember

Jember (beritajatim.com) - Menjelang lebaran, belum ada lonjakan pemesanan tiket pesawat Garuda rute Jember-Surabaya. Tiket habis hanya untuk tanggal 23-25 Juni 2017 dengan tujuan Surabaya ke Jember.

Pesawat Garuda yang mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember berkapasitas 70 kursi dengan jadwal satu kali penerbangan Surabaya-Jember-Surabaya. "Untuk satu minggu ke depan, untuk kepulangan (dari Jember ke Surabaya), baru tanggal 26-28 Juni 2017, isian penumpang baru 50 persen. Jadi belum kelihatan arus pulangnya (arus balik)," kata Manajer PT. Garuda Indonesia Jember Heru Joko Satria, Senin (19/6/2017).

Karakteristik penumpang pesawat Garuda di Jember adalah pebisnis. "Kalau hari libur panjang, pesawat tujuan ke Jember biasanya agak kosong. Kalau jam-jam kantor dan waktu kerja, terlihat isian (penumpang) stabil," kata Heru.

Heru mengatakan, masyarakat masih belum sepenuhnya tahu jika ada bandara di Jember. "Ini yang kami edukasi, saya sering 'share' di medsos bahwa ada bandara di Jember. Saat saya sosialisasi soal umrah, jamaah bingung: memang ada penerbangan atau bandara di Jember. Itu orang Jember. Kita sangat prihatin kurangnya edukasi mengenai bandara di Jember," jelasnya.

Menurut Heru, menuju Jember ada alternatif transportasi, seperti bus dan kereta api. "Mungkin saat berangkat ingin cepat-cepat ke Jember (sehingga naik pesawat). Tapi saat pulangnya ingin naik transportasi darat," katanya. [wir/but]

Tag : mudik

Komentar

?>