Kamis, 29 Juni 2017

Anak-anak Yatim Itu Tersenyum Bahagia di Ujung Ramadan

Minggu, 18 Juni 2017 00:00:40 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Anak-anak Yatim Itu Tersenyum Bahagia di Ujung Ramadan

Jombang (beritajatim.com) - Bulan suci Ramadan tidak dilewatkan begitu saja oleh wartawan Jombang yang tergabung dalam PWI (Persatuan Wartawan Indonesia). Di penghujung bulan yang penuh berkah, PWI bekerja sama dengan NU Care Lazisnu (Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama) memberikan santunan kepada 100 anak yatim, Sabtu (17/6/2017).

Ketika matahari tergelincir ke ufuk timur, 100 anak yatim itu sudah memadati halaman kantor PWI yang berada di Jl KH Wahid Hasyim No 133. Mereka duduk rapi di kursi yang telah disiapkan. Sebuah tenda berukuran sedang tampak memayungi bocah-bocah itu. Di barisan paling depan, panggung tidak begitu tinggi juga sudah tegak berdiri.

Senyum bahagia langsung mengembang dari bibir bocah-bocah yatim ketika dua badut naik ke atas panggung. Tingkah badut yang berlenggak-lenggok semakin membuat hadirin terhibur. Selanjutnya, seorang berpakaian hitam mengenakan topi khas tukang sulap muncul di panggung tersebut. Anak-anak diajak bernyanyi.

Mereka kemudian disuguhi atraksi sulap. Dari topi yang dikenakan tukang sulap, bisa mengeluarkan kelinci. Dari topi yang dipakai tukang sulap itu juga bisa memunculkan burung dara. Lagi-lagi, anak-anak yatim yang hadir di halaman PWI tersenyum berderai-derai.

Sebelum azan magrib berkumandang, 100 anak yatim tersebut mendapatkan bingkisan, yakni tas berisi peralatan sekolah serta uang saku untuk lebaran. Adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Hj Tjaturina Yuliastuti, yang didapuk menyerahkan bingkisan tersebut secara simbolis.

Selain Bunda Tjatur, panggilan akrab Tjaturina, donatur lainnya juga menyerahkan santunan tersebut secara bergantian. Termasuk perwakilan Nu-Care Lazisnu dan PWI Jombang. "Semoga apa yang kami berikan ini bisa meringankan beban anak yatim," ujar Plt Ketua PWI Jombang Sutono Abdillah.

Sutono mengungkapkan, bingkisan yang diberikan itu merupakan hasil penyisihan rezeki para wartawan PWI serta sumbangan sejumlah donatur. "Kami berterimakasih kepada NU-Care Lazisnu sudah bekerjasama dengan PWI. Serta terimakasih kami sampaikan pula kepada para donatur yang sudah mendukung kegiatan ini," ujar Sutono.

Di tempat yang sama, Ketua NU-Care Lazisnu Jombang Akhmad Zainudin mengatakan, pihaknya selalu berusaha konsisten menebar kebaikan kepada sesama. Pihaknya juga mengapresiasi kerja keras PWI dalam menyukseskan acara tersebut. Utamanya, soal kesamaan misi untuk peduli kepada yang lebih membutuhkan.

"Ternyata teman-teman wartawan bukan hanya piawai dalam menyusun berita. Tapi juga punya kepedulian terhadap sesama. Hal-hal seperti itulah yang harus terus kita pupuk. Semoga kerjasama ini bukan yang terakhir, tapi tetap berkelanjutan," ujar Zainudin.

Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Jombang, Didin Akhmad Solahudin (Gus Didin) saat menyampaikan mauidhoh hasanah mengingatkan agar gerakan sedekah selalu digelorakan oleh seluruh elemen. Tidak terkecuali para kuli tinta.

Dia menambahkan, Lazisnu sudah bergerak hingga ke desa-desa untuk mengkampanyekan gerakan bersedekah. Karena gerakan tersebut manfaatnya sangat besar, yakni untuk menebar kebaikan dan kemandirian.

"Bayangkan saja jika di setiap desa ZIS (zakat infaq dan sedekah) dikelola dengan baik, maka sangat mungkin orang sakit, orang mau bersalin di desa tersebut bisa dibantu supaya tidak lagi kesusahan untuk berobat. Dan ini luar biasa untuk masyarakat," urainya. [suf]

Tag : pwi jombang

Komentar

?>