Selasa, 26 September 2017

Teliti Sebab Kebakaran, Tim Labfor Cek Langsung KM Mutiara Sentosa 1

Rabu, 07 Juni 2017 22:29:58 WIB
Reporter : Temmy P.
Teliti Sebab Kebakaran, Tim Labfor Cek Langsung KM Mutiara Sentosa 1

Sumenep (beritajatim.com) - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur melakukan pengecekan langsung kondisi KM Mutiara Sentosa 1 yang terbakar di sekitar perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep.

"Tim labfor ini bergerak karena ada surat permintaan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengungkap penyebab kebakaran KM Mutiara Sentosa 1," kata Kapolres Sumenep, AKBP H. Joseph Ananta Pinora, Rabu (7/6/2017).

KM Mutiara Sentosa 1 pada Jumat (19/5/2017) terbakar sekitar 3 mil di timur laut Pulau Masalembu. Informasinya, kebakaran kapal berawal di 'cardeck'. Api diduga berasal dari sebuah truk yang diangkut kapal.

"Tim labfor kemarin sudah naik ke atas kapal, dan mengambil dokumentasi awal, untuk meneliti penyebab kebakaran kapal. Sementara kami dari Polres melakukan pengamanan di sekitar TKP" ujar Pinora.

Menurutnya, saat ini belum ada barang bukti atau sampel yang diambil Puslabfor. Diperkirakan, Tim Puslabfor akan kembali lagi untuk melakukan analisa TKP.

"Tim Puslabfor kemarin ke Masalembu menggunakan tug boat. Cukup melelahkan perjalanannya, karena memerlukan waktu tempuh lebih dari 20 jam. Kemungkinan mereka akan kembali, untuk melengkapi analisa TKP," ungkapnya.

Saat ini bangkai KM Mutiara Sentosa 1 berada sekitar 1,5 mil di timur laut Pulau Masalembu. Dalam musibah kebakaran kapal tersebut, 5 penumpang meninggal. Sebagian besar merupakan sopir dan kernet truk yang berada di deck saat kebakaran terjadi. Diduga para korban panik saat melihat api dan memilih meloncat ke laut. Padahal mereka tidak bisa berenang.

Berdasarkan data di Polres Sumenep, Penumpang kapal total 198 orang, terdiri dari 37 ABK, dan 161 penumpang. Dari semua penumpang dan ABK, tercatat penumpang selamat 193 org, dan 5 orang meninggal dunia. [tem/suf]

Komentar

?>