Jum'at, 15 Desember 2017

Hasil Pasti Penyebab Kebakaran Tunggu Dua Pekan

Selasa, 16 Mei 2017 08:59:11 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Hasil Pasti Penyebab Kebakaran Tunggu Dua Pekan

Ponorogo (beritajatim.com) - Hasil penyebab kebakaran Pasar Songgolangit yang diidentifikasi tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim baru keluar hasilnya tujuh sampai 14 hari.


"Hasil penyebab kebakarannya yang pasti baru bisa keluar dua pekan untuk tertulisnya. Nanti untuk lisan kemungkinan sepekan sudah bisa," kata ketua tim kebakaran Labfor Polda Jatim, AKBP Sudiharyono.

Di mengatakan hal itu dikarenakan, harus dilakukan beberapa uji di laboratorium. Yakni uji abu, uji pada kabel listrik yang dibawa.

"Dan semua itu perlu proses. Tidak bisa hanya sehari dua hari. Setidaknya satu minggu sampai dua minggu," tambahnya.

Namun, tim Labfor Polda Jatim enggan berspekulasi tentang adanya sabotase mengingat listrik masih menyala ketika terjadi kebakaran. Sudiharyono mengaku, hal itu bukan kewenangannya.

Diberitakan sebelumnya, tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim turun ke lokasi kebakaran Pasar Songgolangit Ponorogo, Senin (15/5/2017) sore.

Dalam hasil analisanya, tim Labfor Polda Jatim mengamati secara keseluruhan bagaimana tingkat kerusakan, pengarangan kayu dan kerusakb secara keseluruhan kontruksi dan isi bangunan.

Ketua tim peneliti kebakaran, AKBP Sudiharyono, mengatakan penjalaran api pertama dari lanyai bawah atau blok U. "Dari blok U itu ditemukan beberapa sumber panas," katanya kepada wartawan sesaat setelah melakukan identifikasi.

Sudiharyono, mengatakan, ada dua sumber panas yang dicurigai. Keduanya yaitu aliran listrik maupun tungku.

"Dugaan awal dari tungku dan juga aliran listrik. Tapi kami belum bisa menentukan sekarang penyebab kebakarannya.apa," tambahnya.

Dia mengaku, masih harus membawa barang bukti untuk di uji di laboratorium. Dia menjelaskan, yang dibawa ke Surabaya yaitu anglo, abu dan kabel listrik. (Mit)
Tag : kebakaran

Komentar

?>