Jum'at, 21 Juli 2017

Sumur Ambles Kini Serang Kecamatan Plosoklaten

Minggu, 30 April 2017 17:30:41 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Sumur Ambles Kini Serang Kecamatan Plosoklaten

Kediri (beritajatim.com) - Fenomena sumur ambles di Kabupaten Kediri. Setelah wilayah Kecamatan Puncu, kini merembet ke Kecamatan Plosoklaten. Kedua daerah ini masih berada di Lereng Gunung Kelud bagian utara.

Camat Plosoklaten Elok Etika mengatakan, berdasarkan data awal yang ia terima sedikitnya ada 40 sumur ambles di wilayahnya. Tetapi setelah dilakukan pengecekan di lapangan, ternyata jumlahnya terus bertambah.

"Jumlah awal tadi 40 sumur yang ambles. Tetapi ternyata masih ada beberapa lainnya dan belum kita masukkan data," kata Elok Etika, Minggu (30/4/2017).

Di wilayah Kecamatan Plosoklaten, sumur ambles umumnya berada di Dusun Karang Nongko, Desa Sumberagung. Dari Desa Manggis dan Gadungan, Kecamatan Puncu, wilayah baru terdampak sumur ambles ini berada di sebelah selatan.

Salah satu warga Dusun Karang Nongko yang sumurnya mulai menandakan gejala bakal ambles adalah Sismiati. Tanda-tanda tersebut mulai tampak, satu minggu terakhir.

Gejala amblesnya sumur di Dusun Karang Nongko ini hampir sama dengan sumur warga di Desa Manggis dan Gadungan. Diawali dari naiknya air permukaan yang semula 12 meter menjadi 5 meter dari permukaan tanah. Setelah itu, air berubah warna menjadi keruh dan terjadi erosi di dinding sumur.

"Dalam kondisi seperti ini siapa yang tidak takut mas, tentu takut. Kalau sewaktu-waktu ambrol dan ambles ke bawah seperti sumur lainnya, bisa-bisa pondasi rumah ikut longsor," kata Sismiati.

Bupati Kediri Haryanti telah mengumpulkan seluruh camat yang wilayahnya berada di Lereng Gunung Kelud, diantaranya Camat Plosoklaten, Puncu dan Kepung. Seluruh camat diminta untuk melakukan pendataan terhadap sumur warga yang kini mengalami perubahan maupun sudah ambles. Sebab, dimungkinkan di daerah ini juga mengalami hal serupa karena lapisan pembentuk tanahnya berasal dari pasir vulkanik Gunung Kelud.

Dengan tambahan data dari Kecamatan Plosoklaten sebanyak 40 sumur, maka jumlah total sumur ambles di dua kecamatan itu mencapai 196 buah. Dimana, sebanyak 152 sumur ada di Desa Manggis, Kecamatan Puncu dan empat sumur di Desa Gadungan, Kecamatan Puncu. [nng/but]

Komentar

?>