Kamis, 23 Nopember 2017

Fenomena Sumur Ambles Kediri Jadi Obyek Wisata Dadakan

Minggu, 30 April 2017 14:47:55 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Fenomena Sumur Ambles Kediri Jadi Obyek Wisata Dadakan

Kediri (beritajatim.com) - Fenomena alam sumur ambles di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri menjadi obyek wisata dadakan. Ratusan waega dari berbagai tempat datang silih berganti untuk melihat penampakan sumur warga yang ambles.

Warsono, warga Kecamatan Pare mengaku, sengaja datang bersama istri dan anaknya ke Dusun Nanas, Desa Manggis untuk melihat sumur ambles. Dia mengetahui fenomena alam ini dari informasi yang beredar melalui grup whatsapp.

"Datang kesini untuk melihat seperti apa sumur ambles yang banyak dibicarakan ini. Terus terang penasaran. Setelah melihat langsung, tertanya memang aneh. Kok bisa sumur ambles dan meninggalkan lubang sebesar ini," kata Warsono, Minggu (30/4/2017).

Sejak pagi hari, ratusan warga datang silih berganti. Mereka langsung menyerbu sumur-sumur warga yang ambles untuk melihat secara langsung.

Saking penasarannya, banyak warga yang nekat menerobos kawasan terlarang di dalam radius 4 meter dari sumur ambles. Padahal pihak kepolisian sudah memang police line di sekeliling sumur ambles.

Ninik, warga Pare lain mengaku, tidak menyangka apabila ratusan sumur warga ini ambles dan menyisakan lubang besar di tanah. Rata rata warga yang datang dari berbagai tempat mengaku penasaran.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Randy Agatha menghimbau masyarakat untuk menjauhi kawasan berbahaya dari sumur ambles. Radius aman untuk melihat diluar 4-5 meter dari lubang sumur.

"Kawan-kawan dari kepolisian sudah memasang galis polisi di sekitar sumur amblas. Seharusnya masyarakat bisa memahami ini. Jangan sampai mereka datang melihat justru berbahaya bagi keselamatan jiwanya," pinta Randy.

Pantauan beritajatim.com di lokasi, ratusan sumur warga yang ambles sudah dipasang garis polisi. Begitu juga terhadap sumur yang mulai menandakan gejala bakal ambles. Pemasangan police line ini untuk menghindari korban jiwa dari fenomena alam sumur ambles.

Hingga saat ini, jumlah sumur ambles terus bertambah. Data terakhir Pemerintah Desa Manggis menyebutkan, ada sebanyak 152 buah sumur ambles sementara di Desa Gadungan sebanyak empat sumur, sehingga totalnya 156 buah. Tetapi beberapa sumur dilaporkan ambles hari ini. [nng/suf]

Komentar

?>