Senin, 23 Oktober 2017

Nusantara Mengaji, 120 Napi Lapas Jombang Khataman Alquran

Kamis, 20 April 2017 14:10:58 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Nusantara Mengaji, 120 Napi Lapas Jombang Khataman Alquran

Jombang (beritajatim.com) - Sebanyak 120 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 2B Jombang, mengikuti khataman Alquran, Kamis (20/4/2017). Acara itu dalam rangka kegiatan nusantara mengaji dalam peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Nasional ke 53.

Kepala Lapas Jombang, Nur Akhmadi, mengatakan, kegiatan nusantara mengaji sendiri digelar serentak dan diikuti oleh sekitar 50 ribu warga Binaan Lapas se Indonesia.  Dalam waktu kurang dari satu jam, mereka kelar membaca 30 juz Alquran dengan lancar dan fasih.

Menurut Ahmadi, setiap juz diselesaikan oleh empat Narapidana. "Tujuan kegiatan ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa di Lembaga Pemasyarakatan itu banyak hal-hal positif yang bisa digali," kata Ahmadi.

Dia menuturkan, khataman Al-Quran sendiri sebenarnya sudah rutin digelar di Lapas. Setiap minggu, seluruh warga binaan diwajibkan mengikuti pembinaan rohani oleh sejumlah pembimbing atau ustadz dari beberapa pesantren sekitar yang khusus didatangkan oleh pihak Lapas Jombang.

"Kegiatan itu diharapkan, seluruh warga binaan di Lapas Jombang akan menjadi lebih baik ketika mereka sudah bebas dan kembali membaur dengan masyarakat," pungkasnya. [suf/kun]

Tag : lapas

Komentar

?>