Sabtu, 27 Mei 2017

Liburan Berujung Petaka

Ganasnya Ombak Hambat Pencarian Korban Tenggelam di Pantai Srau

Senin, 17 April 2017 09:07:29 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Ganasnya Ombak Hambat Pencarian Korban Tenggelam di Pantai Srau

Pacitan (beritajatim.com) - Ganasnya ombak Pantai Srau Pacitan, membuat pencarian satu wisatawan asal Gresik, Zidan terhambat. Sejatinya pencarian sudah dilakukan, Minggu (16/4/2017) mulai pukul 12.00 wib.

Namun, BPBD, petugas puskesmas, dan polisi, serta TNI baru dilakukan sekitar pukul 15.00 WIB. "Medan di lokasi pencarian tidak bersahabat. Ombaknya tinggi dan langsung laut lepas. Kami tidak mau ambil resiko," ujar Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Pujono, Senin (17/4/2017).

Dia mengatakan, lokasi pencarian pertama dilakukan di seputaran Karang Bolong. Pencarian dilakukan dengan menyelam di sekitar lokasi batu-batu karang. Petugas juga dibantu warga dalam melakukan pencarian.

Setelah hampir satu jam melakukan pencarian di sekitar batu-batu karang tersebut, Zidan belum juga terlihat. "Menjelang maghrib, sekitar pukul 17.00, polisi menghentikan penyelaman. Hasil penyelaman nihil, hampir dipastikan tidak ada di sekitar lokasi Karang Bolong," ujarnya

Pujono mengatakan, pencarian di malam hari dilakukan hanya sebatas penyusuran di sepanjang bibir pantai. Pencarian baru akan kembali diintensifkan pagi ini. Pujono mengaku tidak punya banyak pilihan cara dalam melakukan pencarian.

Jika ombak terlampau tinggi, lanjut dia, pencarian hanya bisa dilakukan melalui pandangan mata. Mengoperasikan perahu karet di sekitar lokasi juga tidak memungkinkan lantaran banyak karang dan ombak yang tinggi. Tidak bisa menggunakan perahu karet.

"Ombaknya mencapai dua meter dan banyak batu karang. Penyelaman juga sulit dilakukan karena dari lokasi Karang Bolong, langsung laut. Ini kami lanjutkan lagi pencariab," pungkasnya. [mit/suf]

Komentar

?>