Minggu, 24 September 2017

Dibayangi Status Waspada, Pendakian Semeru Resmi Dibuka

Rabu, 05 April 2017 11:01:26 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Dibayangi Status Waspada, Pendakian Semeru Resmi Dibuka

Malang (beritajatim.com) - Pendakian ke puncak Gunung Semeru resmi dibuka oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mulai hari ini, (5/4/2017). Pendakian Gunung Semeru dibuka dibawah ancaman status waspada.

Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie mengatakan para pendaki dilarang mendaki hingga puncak Mahameru karena status Semeru berada di level Waspada. Pembatasan itu dilakukan demi menjaga keamanan para pendaki.

"Namun pendaki biasanya nekad sampai ke atas karena kalau sudah sampai Kalimati seperti dipanggil untuk ke atas puncak. Untuk itu kita tetap pasang rambu-rambu sampai puncak," katanya.

Pendakian ke puncak Mahameru ditutup sejak 3 bulan yang lalu karena dilakukan pemulihan atau revitalisasi ekosistem disepanjang jalur pendakian. Pertimbangan pembukaan jalur juga berdasarkan pengamatan frekuensi hujan diseluruh wilayah TNBTS relative menurun.

"Pendakian kita buka karena banyak pendaki yang ingin ke Semeru. Sebelum dibuka ruwatan khusus Tengger sudah kita lakukan, pesan saya jangan punya niatan buruk kalau mau ke Semeru," tandasnya. (luc/kun)

Komentar

?>