Selasa, 21 Nopember 2017

Ratusan Korban Puting Beliung Diusulkan Terima Bansos

Rabu, 22 Maret 2017 17:07:48 WIB
Reporter : Zamachsari
 Ratusan Korban Puting Beliung Diusulkan Terima Bansos

Sampang (beritajatim.com) - Ratusan rumah yang rusak akibat puting beliung, Sabtu (18/3/2017) kemarin, tampaknya bakal sedikit ringan beban penderitaan mereka.

Pasalnya, para korban puting beliung yang tinggal di tiga kelurahan di Sampang itu, akan mendapat bantuan dana perbaikan rumah.

Wisnu Hartono, Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengatakan, pihaknya sudah mengupayakan ada bantuan dana perbaikan bangunan dari APBD yang nantinya akan dikelola oleh Dinas Sosial (Dinsos). Berdasarkan data di tiga kelurahan yaitu Kelurahan Rongtengah, Banyuanyar dan Polagan. Ada 209 rumah rusak dengan kondisi sebagian kategori ringan dan sedang.

"Mudah-mudahan dalam waktu satu sampai dua hari ini bisa dicairkan, sekarang masih didata pemiliknya," terangnya, Rabu (22/3/2017).

Pihaknya juga menyebutkan, akibat puting beliung itu juga menyebabkan tiga fasilitas umum milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mengalami rusak sedang yaitu gedung Puskesmas Banyuanyar, bangunan Pasar Margalela dan Polsek Kota Sampang.

"Tidak ada korban meninggal dunia dalam peristiwa itu hanya ada tiga korban luka," katanya.

Sementara kepala Dinsos Sampang, Moh Amirudin, membenarkan bahwa korban puting beliung saat ini diusulkan untuk mendapatkan bantuan dana perbaikan.

"Dananya itu ada kantor Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BP2KAD). Kami hanya mengusulkan. Untuk rinciannya seperti berapa besarannya masih akan dirapatkan dengan tim," tandasnya.[sar/ted]

Komentar

?>