Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Selain Banjir, Surabaya Dilanda Hujan Es

Kamis, 12 Januari 2017 18:10:57 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Selain Banjir,  Surabaya Dilanda Hujan Es

Surabaya (beritajatim.com) - Hujan deras disertai angin kencang melanda Surabaya pada sore hari sejak pukul 16.00 hingga petang ini.

Bahkan, di beberapa wilayah Surabaya Timur terjadi fenomena hujan es sebesar kerikil kecil. Ini terjadi di daerah Tenggilis dan Kendangsari Surabaya.

"Saya dengar bunyi klotak-klotak di atas genteng rumah. Saya pikir ada batu berjatuhan. Ternyata setelah keluar rumah, bongkahan es batu sebesar kerikil berjatuhan di depan teras rumah. Ini amazing baru melihat sendiri ada hujan es batu," kata warga Kendangsari YKP Surabaya, Niken Kurniasari Soenaryo kepada beritajatim.com.

Untuk diketahui, secara teoritis, hujan es ini diawali dengan terbentuknya awan colonimbus. Yakni, terbentuknya awan tebal menjelang hujan sehingga menimbulkan hembusan udara dari atas ke bawah.

Awan colonimbus ini bisa menjulang hingga ketinggian 12 kilometer. Di ketinggian itu, lanjutnya, suhu di puncak awan mencapai minus 40 hingga minus 60 derajat celcius.

Kemudian, saat terjadi hembusan udara, maka turunlah kristal-kristal es. Karena tingginya puncak awan itulah yang membuat air beku itu turun ke bumi. (tok/ted)

Komentar

?>