Jum'at, 21 Juli 2017

Longsor Tutup Jalur Pacet -Trawas Mojokerto

Kamis, 12 Januari 2017 11:44:56 WIB
Reporter : Misti P.
Longsor Tutup Jalur Pacet -Trawas Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) - Jalan penghubung antara Kecamatan Pacet dan Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto tertutup longsor sedalam 2 meter.

Longsor menutup jalan penghubung tersebut setelah tebing setinggi 15 meter di Dusun Menjing, Desa Nogosari, Kecamatan Pacet, Rabu (11/1/2017) malam runtuh.

Salah satu warga, Tuwi Nogosari (37) mengatakan, sebelum terjadi longsor, hujan turun dengan intesitasi cukup lama dan lebat. "Tak lama kemudian, terdengar suara gemuruh. Setelah dicek ternyata ada salah satu tebing yang longsor dan ada beberapa pohon pinus tumbang," ungkapnya, Kamis (12/1/2017).

Masih kata, Tuwi, material longsoran menutup akses jalan menghubungkan Kecamatan Pacet dengan Kecamatan Trawas di Desa Nogosari.

Warga khawatir longsor kembali terjadi jika hujan masih turun dengan lebat karena lokasi longsor hanya berjarap 30 meter dari pemukiman padat penduduk.

"Kami masih khawatir jika ada hujan lagi, apalagi hujannya lama dan lebat seperti kemarin. Semalam saja, warga tidak bisa tidur karena was-was terjadi longsoran lebih besar lagi. Karena kokasi longsor ada di atas rumah warga dan hanya berjarak 30 meter," katanya.

Kepala Desa Nogosari, Yono (40) mengatakan, jika longsor yang terjadi selain karena faktor cuaca juga karena tebingnya curam.

"Tebing menjadi curam setelah terkena proyek pelebaran jalan. Selain itu, dibalik hutan pinus ini ada area persawahan warga sehingga air dari sawah menggenang di atas tebing," terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Pacet AKP Didik Hariyono menambahkan, meski dekat dengan pemukiman padat penduduk tapi tidak ada korban jiwa.

"Sejak semalam kami bersama warga dan relawan dari BPBD sudah melakukan pembersihan. Namun karena tanah yang menimbun begitu dalam, kami minta bantuan untuk didatangkan alat berat," pungkasnya.[tin/ted]

Tag : longsor pacet

Komentar

?>