Rabu, 29 Maret 2017

Polisi Cegat Pelajar SMP Bawa Motor ke Sekolah

Rabu, 11 Januari 2017 18:26:45 WIB
Reporter : Misti P.
Polisi Cegat Pelajar SMP Bawa Motor ke Sekolah

Mojokerto (beritajatim.com) - Puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari dua SMP Negeri di Kota Mojokerto terjaring razia yang dilakukan anggota Satlantas Polres Mojokerto Kota, Rabu (11/1/2017). Hal ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan terutama dari pelajar di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota.

Razia yang dilakukan bersama petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto. Razia gabungan tersebut dilakukan di dua SMP Negerti yakni SMP Negeri 8 di Jalan Raden Wijaya dan SMP Negeri 4 di Jalan Jawa, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Salah satu pelajar SMP Negeri 8 kelas 9, Iwang (15) mengatakan, ia terpaksa membawa kendaraan bermotor ke sekolah karena jarak rumah ke sekolah cukup jauh. "Rumah saya Tarik, Sidoarjo. Tidak ada yang mengantar, sepeda angin saya pun hilang. Kalau harus naik angkot gratis cukup jauh karena hanya di kota," ungkapnya.

Tak hanya menjaring pelajar dari dua SMP yang menjadi target razia, petugas juga mengamankan pelajar dari SMP Negeri di lain wilayah serta pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta di Kota Mojokerto. Yakni SMP Negeri 3 di Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajuritkulon dan SMK A Yani di Jalan Jawa.

Pelajar SMK A Yani, Alfian Bagus ini, terjaring razia di pertigaan Jalan Jawa saat berboncengan tiga tanpa menggunakan helm. "Ini sudah pulang sekolah, saya mau antar teman," ujarnya singkat.

Sementara di SMP Negeri 8, pihak sekolah mendata pelajarnya yang menggunakan kendaraan bermotor. Mereka yang biasanya memarkir kendaraannya di luar sekolah diminta untuk membawa kendaraan bermotornya ke sekolah. Sementara petugas sudah menunggu di depan sekolah.

Akibatnya puluhan pelajar yang tak hanya pelajar laki-laki inipun dengan mudah digiring ke Mapolres Mojokerto Kota. Para pelajar ini diminta untuk menghubungi orang tua masing-masing dan membuat surat pernyataan tidak membawa lagi kendaraan bermotor ke sekolah. [tin/but]

Komentar

?>