Sabtu, 25 Februari 2017

Imbas Banjir Lumpur Pasuruan, Jalan Pedesaan Rusak Parah

Jum'at, 06 Januari 2017 23:19:31 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Imbas Banjir Lumpur Pasuruan, Jalan Pedesaan Rusak Parah

Pasuruan (beritajatim.com) - Banjir lumpur yang merendam jalan raya Pasuruan - Malang, pada Kamis (5/1/2017) sore kemarin, menyebabkan jalan pedesaan di Kertosari, Kecamatan Purwosari, mengalami rusak parah.

Tak hanya itu, dari data yang ada, terdapat 50 KK (Kepala Keluarga) di desa tersebut juga terendam banjir. Akibatnya, puluhan rumah rusak. Bahkan, banjir karena meluapnya sungai Surak ini juga membuat petani di wilayah setempat gagal panen.

"Ada sekitar tiga hektar padi yang rusak parah. Serta juga ada satu hektar tanaman jagung yang juga rusak parah," ucap Halimah, salah satu warga kepada beritajatim.com, Jumat (6/1/2017).

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, usai meninjau lokasi terdampak banjir mengatakan, pihaknya akan segera membenahi infrastruktur yang rusak akibat banjir lumpur tersebut.

"Kami menargetkan pekan depan jalan pedesaan ini selesai diperbaiki dan bisa dilalui, sebab jalan ini kan merupakan akses warga," terangnya.

Selain itu, Bupati Irsyad juga mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi dan mengambil pengalaman dari kejadian banjir tersebut. Yakni, dengan memeriksa seberapa banyak lahan yang digunakan untuk resapan air di wilayah setempat.

"Kami akan menekan perubahan peruntukan lahan untuk pembangunan kawasan industri atau pemukiman. Apabila fungsinya untuk resapan air ya tetap resapan air saja," pungkasnya. [oci/suf]

Komentar

?>