Kamis, 27 April 2017

Polres Jombang Panen Knalpot Brong

Rabu, 04 Januari 2017 16:15:44 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Polres Jombang Panen Knalpot Brong

Jombang (beritajatim.com) - Satlantas Polres Jombang menyita 105 kendaraan berknalpot racing atau brong, selama Operasi Lilin Semeru yang digelar selama dua pekan. Selain itu, sebanyak 524 pelanggar lalu lintas juga kena tilang.

"Untuk pelanggar yang tidak terlalu berat hanya kita berikan teguran. Jumlahnya, 73 pelanggar," ujar Kasatlantas Polres Jombang AKP Mellysa Amalia, Rabu (4/1/2017).

Mellysa menjelaskan, jumlah tilang Operasi Lilin mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2015, sebanyak 429 pelanggar kena tilang. Sementara sanksi teguran sebanyak 936 pelanggar.

"Penggunaan knalpot racing tidak dibenarkan dalam undang-undang lalu lintas pasal 285 ayat 1. Karena tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot," kata Mellysa.

Iqbal Maulana (24) warga Kecamatan Sumobito mengatakan, dirinya terjaring razia menjelang perayaan tahun baru. Saat itu dirinya menggunakan knalpot racing. Nah, kendaraan roda dua itu kemudian disita dan baru bisa diambil setelah sidang pengadilan.

"Setelah sidang, kendaraan bisa diambil dengan membawa knalpot yang asli atau standart pabrik. Hari ini saya mengambil sepeda motor itu," ujar Maulana. [suf/but]

Tag : lalu lintas

Komentar

?>