Sabtu, 24 Juni 2017

Hati-Hati! Ada 223 Perlintasan Tak Dijaga

Senin, 26 Desember 2016 09:26:59 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Hati-Hati! Ada 223 Perlintasan Tak Dijaga

Madiun (beritajatim.com)--Perlintasan kereta api di wilayah Daerah Operasional (Daops) VII Madiun bertambah saat Natal dan Tahun Baru ini. Saat Idul Fitri lalu, perlintasan yang tak terjaga ada 183 perlintasan. Saat ini bertambah menjadi 223 perlintasan.

Humas Daops 7 Madiun, Suprianto, mengatakan memang ada penambahan. Pasalnya untuk wilayah Daops VII meluas hingga stasiun Blitar. "Ada penambahan wilayah jadi penambahan perlintasan juga yang tidak terjaga," katanya kepada beritajatim.com, Senin (26/12/2016).

Dari 223 perlintasan yang tidak terjaga, rinciannya berada di lintasan kereta Surabaya ke Solo ada 139 perlintasan. Sedangkan perlintasan kereta jalur Kertosono ke Blitar ada 171 perlintasan tidak dijaga.

Dari jumlah perlintasan tersebut, totalnya ada 162 perlintasan yang tidak ada penjaga maupun Early Warning System (EWS). Dan untuk perlintasan yang hanya dipasangi EWS sebanyak 61 perlintasan. "Itu pun yang dipasangi EWS banyak yang tidak berfungsi," tambahnya.

Dia mencontohkan perlintasan-perlintasan besar yang tidak dijaga ada pada perlintasan Wonoasri Kabupaten Madiun. Menurutnya, di sana hanya dipasangi EWS saja.

"Untuk keselamatan bersama, maka kita semua harus berhati-hati ketika melintas di perlintasan kereta api, baik yang ada palang pintu maupun tidak ada," katanya lagi.

Pihaknya juga mempersiapkan petugas, terutama di jalur kereta api untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan. Supriyanto menjelaskan untuk meningkatkan pengamanan di perlintasan tidak terjaga dengan memasang spanduk untuk berhati-hati.

Selain itu, lanjut dia, Daops VII telah menyiapkan beberapa hal yakni alat material untuk siaga di 9 titik stasiun (Walikukun, Madiun, Caruban, Nganjuk, Kertosoni, Jombang, Kediri, Tulungagung dan Blitar). Penambahan petugas penjaga perlintasan, dari 36 orang menjadi 73. Di daerah rawan ada 21 titik dijaga 45 pegawai PT KAI. [air/mit]

Tag : kereta api

Komentar

?>